Ekonomi Bisnis

Disperindagkop Jalin Kerja Sama Ciptakan Aplikasi Marketplace

Produk UMKM Tarakan yang dipasarkan di UMKM Center. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Pemanfaatan teknologi informatika dalam pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai cukup mumpuni dalam meningkatkan perekonomian para pelakunya.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Tarakan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Tarakan menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Tarakan untuk membuat aplikasi marketplace.

Kepala Disperdagkop dan UMKM Tarakan, Untung Prayitno mengatakan, promosi melalui aplikasi marketplace sebelumnya tida berjalan maksimal.

“Selama ini, pelaku UMKM kita melakukan promosi secara sendiri-sendiri ke media sosial masing-masing. Oleh karena itu kita akan merangkul startup lokal untuk membuat aplikasi marketplace untuk mengakomodir mereka,” bebernya.

Untuk membuat aplikasi tersebut, Untung mengaku telah menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Tarakan. Sebagai langkah awal, akan dilakukan koordinasi dengan pelaku UMKM sekaligus admin media sosial yang selama ini membantu UMKM dalam mempromosikan produknya.

“Kita juga terima masukan-masukan para admin media sosial, serta kemauan UMKM kita seperti apa. Ide-ide yang bagus akan dituangkan dalam aplikasi, supaya mudah dioperasikan dan digunakan. Dengan adanya aplikasi diharapkan, mereka mampu membuat produk yang bersaing, karena konsumen akan membeli produk-produk yang berkualitas,” urainya.

Data pelaku UMKM yang dimiliki oleh Disperdagkop dan UMKM Tarakan jumlahnya sekitar 11 ribu.

Namun baru sebagian kecil yang sudah memanfaatkan media sosial maupun marketplace untuk sarana berjualan.

“Belum semuanya menggunakan internet untuk promosi. Padahal tinggal klik sudah bisa dilihat ribuan bahkan jutaan orang. Pelaku UMKM ini adalah yang memiliki omzet di bawah Rp500 juta per tahun, mereka yang punya produk layak untuk dipromosikan dapat menggunakan aplikasi yang sedang dalam proses pembuatan ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa