Bulungan

Yakinkan ke Masyarakat, Plt Bupati Siap Divaksin Covid-19

Plt. Bupati Bulungan Ingkong Ala saat menghadiri acara simulasi pemberian vaksin covid-19 di Puskesmas Tanjung Selor, Selasa (12/1/2021). (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Untuk menumbuhkan rasa percaya atau meyakinkan masyarakat terhadap program vaksinasi covid-19, Plt Bupati Bulungan Ingkong Ala memastikan diri untuk bersedia diberikan vaksin perdana secara serentak pada 14 Januari besok.

Ditemui usai mengikuti kegiatan simulasi pemberian vaksin covid-19 di Puskesmas Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (12/1/2021), Ingkong menegaskan kesiapannya untuk divaksin nantinya.

“Anjurannya memang demikian, harus memberikan keyakinan kepada masyarakat, mau tidak mau demikian. Apalagi sejauh ini banyak beredar kabar hoaks yang menjadikan masyarakat ragu untuk mau divaksin,” ujarnya kepada Koran Kaltara.

Banyak kabar yang menyampaikan dampak vaksin, terutama dampak yang tidak baik. Oleh karena itu, ia menilai perlu adanya dorongan semangat kepada masyarakat. Sekaligus memastikan vaksin tersebut aman digunakan.

Ditanya apakah tidak ada kekhawatiran, Ingkong menyebutkan, jika manfaatnya baik mengapa harus khawatir. “Saya siap divaksin. Kan ini juga sudah melalui tahap kajian, jadi jangan khawatir,” katanya.

Informasi dihimpun, ada beberapa pejabat daerah yang siap divaksin termasuk Plt Bupati Bulungan. Namun secara pasti siapa saja, Ingkong mengaku belum tahu. Pelaksanaan secara serentak, sejumlah fasilitas kesehatan seperti Puskesmas turut dipersiapkan.

Ingkong mengatakan, vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia sudah melalui pengujian yang seharusnya. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Himbauan kita, supaya nanti ketika masyarakat mendapat giliran tidak perlu khawatirkan. Apalagi untuk pertama ini mulai dari presiden, pejabat Negara dan pejabat daerah sudah siap. Termasuk juga tenaga medis yang didalamnya dokter sebagai garda terdepan, mereka juga mendapatkan vaksin,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bulungan dr Velix Toding Sima mengatakan, menjelang pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Bulungan, pihaknya sudah menyiapkan petugas vaksinator. Selanjutnya, sebagai centra pemberian vaksin nantinya berada di Puskemas, termasuk posko yang sudah disiapkan.

“Pertama itu tenaga kesehatan, sehingga setiap puskesmas jadi centranya. Termasuk nantinya untuk pertama dari Bulungan yakni Bupati juga akan divaksin di sarana kesehatan yang sudah disiapkan (Puskesmas),” jelasnya.

Setiap daerah, kata dia, ada keterwakilan. Nantinya khusus untuk puskesmas Tanjung Selor, ada dari provinsi dan juga Pemkab Bulungan. Velix mengungkapkan  untuk Bulungan sendiri, bakal ada 10 orang tokoh yang divaksin pertama. Mereka adalah pejabat daerah, tokoh masyarakat, termasuk juga perwakilan dari forkopimda secara umum.

“Kalau Bulungan itu ada pak Bupati, kemudian pak Errin Wiranda, Sekprov, kemudian juga aka nada dari ikatan profesi, baik dokter, farmasi dan lain-lain,” ungkapnya.

Terkait kesediaan Plt Bupati sendiri, nantinya kata dia, saat akan diberikan vaksin akan discreening terlebih dahulu.

Untuk diketahui, vaksin Sinovac, disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentan jarak penyuntikan dua pekan, dengan dosis 0,5 mililiter (ml)  setiap orang.

“Jadi yang bersedia belum tentu juga karena perlu screening dulu, jika dokter nanti mengatakan layak bisa lanjutkan, tetapi bisa juga ada yang ditunda sementara. Satu orang satu vaksin, dua kali pemberian,” pungkasnya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah