Nunukan

Wujudkan Ketahanan Pangan dan Agrowisata, SMKN 1 Sebatik Barat Buka Lahan Baru  

Pembukaan lahan baru SMKN 1 Sebatik Barat. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara –  SMKN 1 Sebatik Barat terus mematangkan rencana pembukaan lahan baru untuk dioptimalisasi menjadi lahan praktik siswa. Hal itu dilakukan guna mewujudkan ketahanan pangan dan agrowisata di wilayah perbatasan RI – Malaysia. Salah satunya dengan membuka lahan baru.

Kepala SMKN 1 Sebatik Barat, Sujud mengatakan, SMKN 1 Sebatik Barat memiliki lahan sekolah seluas 31 hektare. Dari luas lahan tersebut, sekitar empat hektare sudah dimanfaatkan untuk gedung dan fasilitas sekolah termasuk asrama anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dimana orang tua mereka bekerja di Sabah, Malaysia.

Secara bertahap di tahun 2020, lahan tidur tersebut sudah dimanfaatkan, seperti dua hektare untuk lahan tambak. Kemudian sekitar lima hektare sudah ditanami ratusan bibit durian dan bibitnya sudah tumbuh subur.

Lalu di lahan seluas 4 hektare, ribuan pohon pisang gepok di tanam dan menghasilkan pendapatan dalam sebulan sekitar Rp500 ribu – Rp1 juta. Bahkan untuk tahun ini, akan membuka lahan baru seluas 10 hektare. Lahan tersebut nantinya akan ditanami buah manggis, alpukat dan kepala pandan.

“Selain menjadi lahan praktik siswa, juga menjadi sarana latihan dan belajar siswa untuk menjadi seorang wirausaha,” ujar Sujud saat ditemui Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan, lahan yang telah dibuka, dalam prosesnya mulai dari pembibitan, penanaman hingga perawatan akan dikerjakan oleh siswa Jurusan Perkebunan. Alasan dipilihnya manggis, alpukat dan kelapa pandan karena ke depan memiliki nilai jual yang tinggi, selain itu karena khasiatnya.

Hal ini dilakukan karena komitmen SMKN 1 Sebatik Barat memuwujdkan sekolah agrowisata yang menopang ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Selain meningkatkan nilai akademik siswa, kami juga akan fokus bagaimana lahan tidur ini bisa dimanfaatkan oleh siswa. Hasilnya nanti bukan hanya guru dan siswa SMKN 1 Sebatik Barat yang menikmati, tapi masyarakat Nunukan bahkan Kaltara,” jelas Sujud. (*/bis)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah