Kaltim

Warga Diperbolehkan Gelar Salat Idulfitri, Ini Ketentuannya

Warga Kelurahan Loa Tebu melaksanakan salat Ied di Masjid Baiturahman pada 2020 lalu. (Foto: Dok/Koran Kaltim)

TENGGARONG – Kementrian Agama RI kembali menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 7 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri 1442 H/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Didalamnya SE tersebut menyebutkan penyelenggaraan malam takbiran dilaksanakan di masjid-masjid dan Musala dengan kapasitas maksimal 10 persen ruangan.

Kegiatan takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian dan kegiatan setiap malam akhir Ramadan dapat disiarkan secara virtual.

Untuk Salat Idulfitri juga tak jauh berbeda dibanding tahun lalu, warga dianjurkan salat di rumah masing-masing, terutama di wilayah berstatus zona merah maupun oranye penyebaran Covid-19.

“Salat Ied (Idulfitri) di masjid atau di lapangan diperbolehkan dengan ketentuan 50 persen persen dari space yang ada,” kata Kepala Kantor Kemenag Kukar, Mukhtar, Jumat (7/5).

Panita pelaksana (Panpel) Salat Idulfitri juga diharuskan melakukan skrining seperti pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan jamaah membawa masker sendiri sebelum masuk ke masjid atau lokasi salat.

Untuk Lansia tak diperkenankan mengikuti Salad Idulfitri di masjid ataupun di lapangan saat dalam keadaan sakit ataupun baru sembuh. Bahkan jika sebelumnya melaksanakan aktivitas perjalanan juga dilarang.

Durasi khutbah pun turut dibatasi maksimal 20 menit. Sedangkan untuk kegiatan Halal Bihalal atau silaturahmi ke rumah tetangga juga tidak dibolehkan.

Menurut Mukhtar, potensi penyebaran Covid-19 sangat besar melalui sentuhan. “Tidak ada open house atau Halal Bihalal, tidak ada. Cukup di rumah saja,” tegasnya.

Ia berharap seluruh umat muslim di Kukar dapat meningkatkan ibadahnya di pengujung Ramadan tahun ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. “Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah dan jangan lupa mengikuti protokol kesehatan,menjaga jarak, cuci tangan dan sebagainya,” demikian Mukhtar. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah