Bulungan

Warga Diimbau Waspadai Varian Virus Baru

Masyarakat diingatkan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) (Foto: Dok/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Selain larangan mudik, Pemerintah Darah, termasuk Bulungan mendapat instruksi dari pusat untuk melakukan langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran sejumlah virus dengan varian baru.

Disampaikan Mendagri Tito Karnavian saat memimpin rapat secara virtual bersama para kepala daerah, Senin (3/5/2021).

Ditegaskan, pandemi Covid-19 belum berakhir bahkan di negara India mengalami tsunami gelombang kedua kasus Covid-19. Mendagri meminta segenap kepala daerah untuk kompak dan konsisten melawan serta memutuskan penyebaran Covid-19

“Kepada seluruh kepala daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, kota untuk dapat menegakkan disiplin protokol kesehatan demi mengurangi kasus Covid-19,” ujar Mendagri dalam rakor bertajuk Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19.

Menurutnya, jangan sampai ada daerah yang lengah, sehingga mengalami lonjakan kasus. Seperti diketahui, peningkatan kasus Covid-19 di negara India sangat tinggi akibat adanya mutasi baru yang lebih menular serta kurangnya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Mendagri pun meminta seluruh daerah di Indonesia agar satu komando, dengan menyukseskan kegiatan vaksin serta menerapkan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) yang sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Sementara itu Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, tak menampik kasus covdi-19 di Bulungan masih fluktuatif. Ia tetap berharap terus mengalami penurunan.

Selain itu wabup juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi prokes, terlebih seperti saat ini adanya kegiatan buka puasa bersama.

“Perkembangan kasus sendiri memang fluktuatif di Bulungan. Nah kita tetap harus waspada, semoga segera membaik. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin prokes apalagi saat ini ada kegiatan buka bersama. Jika harus dilakukan diluar pastikan jumlahnya 50 persen dari kapasitas ruangan dan harus ada petugas,” tandasnya.

Wabup berharap tidak ada virus varian baru masuk di Bulungan, sejauh ini pihaknya juga terus berupaya memaksimalkan upaya pencegahan bersama dengan satuan tugas Covid-19 Bulungan.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bulungan Heriyadi Suranta mengatakan, meski terkonfirmasi positif covid-19 relatif turun, masyarakat tetap diminta waspada.

Di sisi lainz hingga kini pihaknya belum menerima laporan adanya kasus dengan varian baru di Bulungan. Menurutnya, langkah antisipasi penularan tidak bisa dilakukan hanya di tingkat daerah. Sebab, pintu masuk dari India melalui kedatangan internasional.

“Kalau di sini (Bulungan) kan tidak ada penerbangan internasional. Jadi, langkah antisipasi harus dilakukan di tingkat nasional,” tandasnya. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah