Headline

Waktu Pelaksanaan Kerja Sama Belum Bisa Diprediksi

Waktu Pelaksanaan Kerja Sama Belum Bisa Diprediksi

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kalimantan Utara, Budi Harsono Laksono menyampaikan, daftar komoditi barang yang diminta Ketua Menteri Negara Bagian Sarawak, sudah siap dikirimkan.

Alhamdulillah penyusunan sudah selesai. Jadi, dalam waktu dekat sudah bisa dikirim ke sana,” kata Budi saat diwawancarai Koran Kaltara, Selasa (11/8/2020).

Kendati demikian, Budi mengaku belum bisa menginformasikannya secara detail. Data lengkap kebutuhan tersebut, baru bisa disampaikan hari ini (Rabu,12/8/2020) melalui siaran resmi Pemprov Kaltara. “Kalau detailnya, belum bisa sekarang. Lengkapnya besok saat acara Respons Kaltara, ya,” ujar Budi.

Namun, dia memastikan jika komoditi yang diusulkan berasal dari kondisi di lapangan. Sehingga semuanya benar-benar dibutuhkan masyarakat. “Intinya memang kebutuhan masyarakat sesuai aspirasi mereka. Kita melakukan penyusunan dari sana. Umumnya sih memang kebutuhan sehari-hari seperti teh, gula, tepung dan lainnya. Ada juga yang untuk pembangunan seperti misal paku,” paparnya.

Budi berharap kembali ada respon positif dan cepat dari Otoritas Negeri Bagian Sarawak. Sehingga persediaan barang di Krayan bisa kembali normal. “Nanti bersama Konjen (Konsulat Jenderal) akan ditindaklanjuti lagi dengan Sarawak untuk dinegosiasikan,” kata Budi.

Terpisah, Kepala Biro Pengelola Perbatasan Negara (PPN) Setprov Kaltara, Samuel ST Padan, mengaku belum bisa memprediksi realisasi perdagangan lintas batas tersebut di tengah pandemi ini.  Menurutnya, Otoritas Negara Bagian Sarawak membutuhkan waktu untuk mempelajari daftar usulan dan skema yang ditawarkan Pemprov Kaltara.

“Belum, belum bisa itu kita perkirakan kapan mulainya. Karena Sarawak juga sekarang masih menunggu usulan dari kita diterima. Setelah diterima juga pasti perlu dipelajari, baru kemudian bisa ditindaklanjuti,” kata Samuel di hari yang sama.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah