Headline

Wagub Perintahkan Diskominfo Siapkan Kerangka Kerja

Wagub Yansen TP perintahkan Diskominfo persiapkan kerangka kerja soal ketersediaan jaringan di Kaltara. (Foto: Dokumen/Koran Kaltara)
  • Terkait Sarana Memadai untuk Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Hingga bulan Maret 2021, pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) belum terbendung. Hal itu masih berimbas ke sejumlah sektor, termasuk pendidikan. Sistem pembelajaran masih harus mengandalkan komunikasi dalam jaringan (daring).

Kondisi tersebut menuntut ketersediaan jaringan telekomunikasi lebih memadai di sejumlah wilayah. Di Kaltara, masih ada beberapa daerah yang belum maksimal jangkauan jaringannya. Hal itu tak terlepas dari perhatian kepala daerah, untuk memastikan semua anak didik tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar.

“Ada kaitannya dengan pusat. Tapi kita berupaya sesegara mungkin upaya dihadapi (soal jaringan). Fasilitas ketersediaan yang bisa layani siswa, saya minta (Dinas) Kominfo segera susun kerangka kerjanya,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen Tipa Padan, beberapa hari yang lalu.

Dia mengatakan, bahwa masalah jaringan telekomunikasi, terlebih di tengah pandemi harus segera disikapi. Dinas terkait untuk mencari solusi, agar tidak lagi ada keluhan, khususnya peserta didik yang tidak mendapatkan akses jaringan.

“Segera (disikapi), jangan menunggu nasib. Kita harus upayakan, kita tahu bahwa masyarakat membutuhkan fasilitas IT (teknologi) untuk kegiatan daring. Kita harus pikir itu. Jangan bertumpu pada program pemerintah pusat saja, tapi kita (di daerah) harus inisiatif,” tegasnya.

Lebih jauh diterangkan Wagub, fasilitas itu tidak hanya melibatkan satu instansi. Namun berkaitan dengan instansi lainnya, sehingga butuh sinergi dan kerja sama yang baik. Termasuk menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat hingga pihak penyedia jaringan.

“Dalam situasi begini, semua harus kerja sama dan sinergi dengan instansi lainnya. Kalau sesuai perintah gubernur, besok harus dilaksanakan, maka harus jadi. Tapi kita tidak ada yang ‘simsalabim’, harus kita perjuangkan,” terang mantan Bupati Malinau dua periode tersebut.

Sementara itu, terkait dengan pembelajaran tatap muka, Yansen mengatakan harus dibahas lebih jauh dengan semua pihak. Pasalnya, di tengah pandemi yang masih merebak, keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan