Bulungan

Vaksinasi Bakal Sasar Jamaah Tarawih

Vaksinasi di Bulungan. (Foto: Nurjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis ketiga atau booster di Bulungan, masih relatif rendah.

Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan capaian tersebut, termasuk pada Ramadan kali ini.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan, menargetkan selama Ramadan target bisa mencapai 30 persen.

Informasi dihimpun, khusus untuk vaksinasi booster di Bulungan baru mencapai 14,36 persen dari total target sasaran vaksinasi sebanyak 118.941 orang.

Kepala Dinkes Bulungan, Imam Sujono, mengatakan, dengan adanya kebijakan vaksin booster sebagai syarat mudik, maka dipastikan akan mendorong minat masyarakat untuk divaksin.

“Momen ini bisa kami maksimalkan untuk target capaian itu. Kami terus mendorong agar capaian vaksinasi booster di Bulungan bisa mencapai 30 persen,” ujarnya.

BERITA TERKAIT:

Selain layanan vaksinasi melalui layanan kesehatan seperti Puskesmas, pihaknya juga  membuka layanan vaksin di beberapa titik yang bisa meningkatkan capaian vaksin tersebut.

Bahkan pihaknya juga bakal menyasar jamaah yang melakukan salat tarawih salah satunya di Masjid Agung Istiqomah, Tanjung Selor.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini kami akan melakukan vaksinasi di Masjid Agung Istiqomah. Kami juga tetap membuka layanan vaksin dosis 1 dan 2. Apalagi khusus kelompok sasaran lansia kami masih mengejar capaian vaksinasi dosis 2,” jelasnya.

Sejauh ini, rata-rata calon penerima vaksin dosis dua masih ada yang belum memenuhi syarat.

“Jeda antara dosis satu dan dua itu tiga bulan. Sekarang ini masih banyak lansia yang belum sampai tiga bulan. Karena, kalau belum waktunya kami tidak lakukan vaksin berikutnya,” bebernya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan, dr. Velix Toding Sima, menambahkan, sementara pelayanan door to door ditiadakan selama Ramadan.

Akan tetapi untuk vaksinasi di Puskesmas masih dilakukan seperti biasa dibuka pada pagi hari.

Selain anak dan lansia, vaksinasi juga diprioritaskan bagi penerima dosis dua dan tiga.

Sesuai target yang ditetapkan pemerintah pusat penyuntikan vaksin booster minimal 30 persen sebelum lebaran.

“Saat ini meski ada kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan, tetapi tentunya tidak semua masyarakat akan melakukan perjalanan. Tapi semoga target bisa tercapai,” imbuhnya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Edy Nugroho

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment