Politik

Usung Calon, Parpol atau Koalisi di Malinau Minimal Miliki 4 Kursi di DPRD

Ketua KPU Malinau, Lasinias

MALINAU, Koran Kaltara – Ketua Komisi Pemilihan Umum Malinau Lasinias menyampaikan, bahwa persyaratan pengajuan bakal calon melalui partai politik di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 harus memiliki jumlah kursi sebanyak 20 persen atau 25 persen dari suara sah partai politik di DPRD.

“Persyaratan mengajukan calon, partai politik bisa mengusung minimal 20 persen dari jumlah kursi atau 25 persen dari suara sah partai politik di DPRD,” ujar Lasinias kepada Koran Kaltara, Kamis (30/7/2020).

Menurut dia, untuk mengusung calon di Pilkada Malinua melalui partai politik minimal 4 kursi. “Kalau hitungan berdasarkan kursi, pastinya untuk Partai Demokrat sudah bisa mengusung sendiri karena memiliki 7 kursi. Berarti, sisanya 13 kursi dari beberapa partai politik di DPRD,” jelasnya.

Dia menjelaskan, apabila 13 kursi itu dibagi-bagi minimal 4 kursi, maka dimungkinkan bisa 3 bakal calon pasangan.

“Tapi ini masih kira-kira saja. Kalau dari pimpinan partai politiknya berbagi-bagi. Ya, kita berharap yang mencalonkan bisa lebih. Sehingga masyarakat banyak pilihan,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada partai politik berkonsultasi mengenai pendaftaran calon melalui partai politik. “Jadi, kegiatan sosialisasi ini tahapan kedua, khusus partai politik. Untuk di Malinau, sudah tidak ada calon perseorangan.

Karena proses tahapannya sudah lewat. Secara otomatis, dipastikan hanya melewati jalur partai politik saja,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, apabila ada pimpinan DPRD maupun PNS mencalonkan diri di Pilkada 2020, maka bersangkutan harus mengundurkan diri dari jabatannya. Baik itu sebagai anggota DPRD maupun PNS.

“Nah prosesnya pengunduran diri itu pada saat mereka mendaftarkan sebagai bakal calon dengan melampirkan surat keterangan berisi surat pengunduran diri sudah diterima atau masih dalam proses. Sehingga saat penetapan, mereka sudah harus ada surat keputusannya sebelum penetapan calon pada 23 September. Kalau cuti itu bagi calon petahana, tapi untuk di Malinau sepertinya tidak ada,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah