Kaltara

Usai Pukul Anggotanya, AKBP SA Dimutasi ke Pamen Biro SDM Polda Kaltara

Kabid Humas, Kombes Budi Racmat

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Usai video menghajar anggotanya viral, AKBP Syaiful Anwar langsung dimutasi ke Pamen Biro SDM Polda Kaltara.

Mutasi itu berdasarkan Surat Perintah Kapolda Kaltara Nomor: Sprin/952/X/KEP./2021.

Posisinya yang sebelumnya sebagai Kapolres Nunukan, akan digantikan AKBP Ricky Hadianto sebagai Plt Kapolres Nunukan.

“(Hari ini, Selasa) Kapolres (AKBP Syaiful Anwar) akan diperiksa di Propam Polda Kaltara. Pada saat pemeriksaan, Kapolres sementara akan dinon aktifkan dahulu melalui SKEP Kapolda Kaltara, ” kata Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Budi Rachmat.

Pemukulan oleh AKBP Syaiful Anwar kepada anggotanya berawal ketika acara zoom meeting acara HKGB pada Kamis (21/10/2021) lalu.

Personel Polres Nunukan berinisial Brigadir SL yang saat itu bertugas memasang dan mengawasi jaringan internet saat zoom ternyata tidak di tempat.

Sedangkan saat jaringan rusak, Brigadir SL susah dihubungi.
Hal itu memancing emosi AKBP Syaiful Anwar dan langsung menghajar Brigadir SL saat ia kembali.

“Berdasarkan keterangan Kapolres Nunukan, kejadian tersebut dipicu oleh Brigadir SL yang bertugas memasang dan mengawasi jaringan internet saat zoom meeting acara HKGB. Yang bersangkutan (Brigadir SL) meninggalkan tempat dan sulit dihubungi saat terjadi gangguan jaringan. Kemudian pada saat Brigadir SL muncul di aula, kapolres emosi dan memberikan hukuman berupa pemukulan, ” jelas Budi.

Rekaman video melalui CCTV itu, lalu diambil oleh Brigadir SL. Lalu video rekaman itu, diviralkan melalui group WA.

“Rekaman video CCTV diambil brigadir SL dan diviralkan di group WA TIK Polda Kaltara dan group letting bintara, ” sambungnya.

Atas viralnya kejadian rekaman video pemukulan Kapolres Nunukan tersebut, Kapolda Kaltara memerintahkan Kabid Propam untuk melakukan pemeriksaan dan klarifikasi  terhadap Kapolres Nunukan dan Brigadir SL.

Kemudian surat telegram mutasi Brigadir SL nomor ST/30/X/2021 tanggal 25 Oktober 2021 yang dimutasikan ke Polsek Krayan Selatan dibatalkan atas perintah Kapolda Kaltara.

“Hari ini, keduanya (AKBP Syaiful Anwar dan Brigadir SL) akan diperiksa di Propam Polda Kaltara, ” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Didik

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment