Tarakan

Update Rabu (12/8/2020): Kasus Positif Covid-19 di Tarakan Bertambah Satu

Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Jumlah kasus positif Covid-19 di Tarakan kembali bertambah satu orang, per Rabu (12/8/2020). Total akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini menjadi 93 orang, namun 88 orang sudah sembuh.

Juru bicara gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti menjelaskan, satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu, (kode pasien) Covid93 berinisial SS, jenis kelamin laki-laki, umur 64 tahun, warga Kelurahan Karang Anyar, Tarakan. “Ini merupakan pelaku perjalanan,” jelasnya.

Saat ini pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit ada dua orang, yakni Covid90 dirawat di RSU Kota Tarakan, Covid92 dirawat di RSUD Tarakan. Sementara untuk pasien Covid91 dan Covid93 melakukan isolasi mandiri.

“Dua pasien yang dirawat di rumah sakit karena memang Covid92 dirawatnya setelah melakukan perjalanan ada gejala demam, batuk, pilek, sehigga sempat dirawat di rumah sakit dan dilakukan swab,” ungkapnya.

Devi menambahkan, saat ini jumlah kasus suspek yang sedang dipantau sebanyak 40 orang dan jumlah kasus kontak erat sebanyak 48 orang.

Dia mengatakan, dengan bertambahnya kasus dari pelaku perjalanan, menunjukkan kesadaran diri sendiri perlaku perjalanan masih kurang, terutama dari daerah zona merah.

“Sesuai dengan kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) per 1 Agustus 2020, bagi pelaku perjalanan wajib melakukan isolasi mandiri dan melapor ke RT untuk pengawasannya,” katanya.

Gugus tugas sejak 1 Agustus 2020, sudah mengubah pola screening kesehatan meski tidak dilakukan di pintu-pintu masuk. Sesuai dengan sosialisasi AKB oleh Pemkot Tarakan, jika kasus di Tarakan tidak terkendali maka karantina terpusat akan dibuka kembali. (*)

BACA JUGA: Kasus Positif Covid-19 di Tarakan Kembali Bertambah

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah