Tarakan

Update Covid-19, Tarakan Tidak Ada Penambahan Kasus

dr Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Update perkembangan kasus Covid-19 di Tarakan hari ini Sabtu (23/5/2020), dilaporkan tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif maupun pasien yang sembuh.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, dr. Devi Ika Indriarti, menyampaikan, bahwa jumlah kumulatif konfirmasi positif sebanyak 44 orang. Tidak terdapat penambahan kasus positif Covid-19 yang baru.

Rinciannya, 37 orang sedang dalam perawatan dan menunggu hasil swab serta tujuh orang dinyatakan sembuh kemudian dipulangkan.

“Pasien dikatakan sembuh kalau uji sampel swabnya sebanyak dua kali negatif. Sudah ada beberapa pasien yang menunggu sekali lagi hasilnya negatif,” jelasnya.

Devi mengatakan, semua perawatan pasien sama tidak ada perbedaan, baik yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tarakan. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 tergantung dari diri masing-masing.

“Pengobatanya sama, makannya sama, dan sama-sama dilakukan pengujian sampel swab, namun berbeda-beda hasilnya. Walaupun perlakuan sama, tapi berpulang dari diri mereka masing-masing,” bebernya.

Sementara itu terkait dengan perkembangan jumlah seluruh ODP (orang dalam pemantauan) yang sedang dipantau saat ini sebanyak 190 orang.

Jumlah seluruh OTG (orang tanpa gejala) yang sedang dipantau saat ini sebanyak 258 orang. Sedangkan yang melaporkan diri ke hotline Dinas Kesehatan setelah dari daerah terjangkit sebanyak 852 orang.

Dalam kesempatan ini jelang hari raya Idulfitri 1441 Hijriyah, Satgas Covid-19 Tarakan juga mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan dan mengikuti surat edaran Wali Kota Tarakan tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Diimbau masyarakat melaksanakan shalat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriyah di rumah, tidak melaksankan takbir keliling, silaturahmi sebatas keluarga dekat dan tidak diperkenankan open house,” tutupnya. (*)

Reporeter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah