Kaltara

Update Covid-19 Kaltara: PDP Bertambah 1, ODP Berkurang 10

Virus Corona (Foto: Iustrasi/Internet)

TANJUNG SELOR, korankaltara.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mempublikasikan data terbarunya. Berdasarkan update data terbaru Jumat (10/4/2020) pada pukul 21.30 Wita, tidak ada penambahan konfirmasi kasus positif.

Tercatat hingga beberapa hari terakhir, positif virus corona di provinsi ke-34 ini sebanyak 16 kasus, dimana 1 orang meninggal dunia pada (1/4) lalu saat status Pasien Dalam Pengawasan.

Adapun data yang berubah jika dibandingkan data pada Hari Kamis (9/4/2020) pukul 22.00 wita, kategori PDP bertambah 1 kasus. Yakni dari 26 kasus satu hari lalu, menjadi 27 kasus data ter-update. Penambahan kasus PDP itu terdapat di Kabupaten Malinau, yang sebelumnya hanya 7 PDP menjadi 8 PDP.

Sedangkan daerah lain tidak ada perubahan, yakni Nunukan 5 PDP, Bulungan 5 PDP, Tarakan 7 PDP dan Tana Tidung 2 PDP.

Berbeda dengan data Orang Dalam Pemantauan (ODP), justru mengalami penurunan. Satu hari lalu, orang yang masih proses pemantauan sebanyak 252 orang, bekurang 10 orang menjadi 242 orang.

Dengan demikian, yang selesai pemantauan bertambah menjadi 352 orang dari total ODP hingga saat ini sebanyak 606 orang.

“Untuk ODP, jika sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, kemudian tidak ada lagi gejala klinis maka dinyatakan sudah selesai dipantau. Artinya dia aman dari covid-19,” sebut Juru Bicara Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, masih ada 15 orang pasien positif yang sedang dirawat di rumah sakit rujukan. Agust mengungkapkan, hingga saat ini belasan pasien tesebut dalam kondisi yang stabil. Bahkan menurut laporan pihak rumah sakit menunjukan kesembuhan.

“15 dalam hal ini masih dirawat atau diisolasi, sebagian besar telah kondisinya dalam keadaan baik. Tidak ada kegawatdarutaran. Kondisinya stabil dan menuju kearah kesembuhan,” ungkapnya, siang tadi. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Didik