Ekonomi Bisnis

UMKM Diajak Gunakan Transaksi Pembayaran dengan QRIS

Kepala Perwakilan BI Kaltara, Yufrizal

TARAKAN, Koran Kaltara – Bank Indonesia Perwakilan Kaltara kembali mengajak pelaku UMKM untuk menggunakan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS).

QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang dilakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dengan adanya QRIS, maka seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code yang sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan atau menerima pembayaran dengan QR Code.

Sehingga tidak lagi harus pusing dihadapkan dengan berbagai macam QR Code dalam satu merchant.

“QRIS sudah memasyarakat di Kaltara ini. Oleh karena itu UMKM selalu kami ajak untuk segera pindah dari pembayaran tunai ke non tunai, karena tidak ada risiko salah pengembalian, kehilangan uang, uang palsu maupun mencari uang receh untuk kembalian. Hanya sekali scan sudah selesai,” terang Kepala BI Kaltara, Yufrizal, Senin (26/10/2020).

Selain itu, pembayaran yang dilakukan saat belanja juga sesuai dengan angka yang tertera.

“Kalau pakai QRIS yang kita bayar sesuai nilai yang tertera, tanpa uang kembalian dan tanpa ribet tinggal scan, maka transaksi bisa dilakukan. Sehingga tidak ada lagi kenaikan harga yang dibayar oleh konsumen. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan dan kemudahan yang didapat oleh penggunanya,” paparnya.

Penggunaan QRIS di Kaltara semakin banyak, apalagi saat ini bank daerah sudah mulai melakukan akuisisi UMKM untuk dapat menggunakan QRIS, sehingga pengguna QRIS memiliki kecenderungan tren yang naik.

“Secara nasional sudah ada sekitar 4 jutaan pengguna QRIS sedangkan di Kaltara ini ada sekitar 9 ribuan pengguna, dimana 56 persen di antaranya berada di Tarakan. Hal ini dikarenakan pertumbuhan tempat usaha khususnya kafe di sini cukup signifikan. Apalagi Tarakan sebagai kota perdagangan dan jasa, secara otomatis aktivitas jual beli cukup padat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah