Bulungan

Tunggu Kepastian Keberangkatan, Pelunasan CJH Tuntas

ilustrasi haji. (Foto: Internet)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Persiapan dan proses tahapan keberangkan haji di Bulungan tetap berlanjut. Meskipun hingga saat ini kepastikan jadwal keberangkatan belum diketahui. Terkait itu, untuk ketetapan apakah penyelengaraan haji dibatalkan atau tidak masih menunggu keputusan Pemerintah Kerjaan Arab Saudi.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bulungan Hamzah menyampaikan, sampai saat ini belum ada informasi kepastian keberangkan jamaah haji. Dirinya menegaskan, apabila ada informasi pembatalan yang beredar di warga, dipastikan itu hoax atau berita bohong.

“Hingga saat ini belum ada kepastian. Sekarang kita juga masih menunggu,” ujarnya. Meski begitu, dirinya menyampaikan, untuk proses persiapan penyelenggaran haji di daerah masih tetap berjalan. Baik pengurusan paspor maupun pelunasan biaya penyelengaraan haji (BPIH) masih tetap berproses.

DIkatakan, saat ini dari kuota jamaah haji Bulungan sebanyak 84 orang dan cadangan Calon Jamaah Haji (CHJ) di Bulungan sudah tuntas melakukan pelunasan pembayaran.

“Tahap pertama memang masih ada 11 orang calon jamaah haji yang belum melunasi BPIH. Tapi, pada tahap kedua sudah semua jamaah melunasi BPIH. Dalam hal ini kami hanya bisa menunggu. Tentunya kami juga mengimbau kepada jamaah untuk bersabar sembari menunggu keputusan. Biasanya kalau sudah mendekati waktu keberangkatan akan ada pengilan rapat di Kaltim,” jelas Hamzah.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, disinggung apakah jamah haji yang berangkat diwajibkan rapid test. Hamzah belum bisa memastikan hal itu. Dirinya belum dapat berkomentar lebih jauh, karena menurutnya hal itu masih menunggu arahan dari pusat, kebijakannya seperti apa.

“Sebenarnya jamaah haji ini sudah melalui pemeriksaan kesehatan dan sudah diberikan vaksin,” katanya. Dengan begitu diharapkan, daya tahan tubuh calon jamaah haji bisa diyakini akan lebih kuat menangkal virus.

Seperti diketahui, jika sesuai jadwal keberangkatan jamaah akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada awal Juli 2020 mendatang. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah