Ekonomi Bisnis

Triliunan Rupiah Uang Keluar dari Kaltara Tiap Tahun

Kepala Perwakilan BI Kaltara, Yufrizal

TARAKAN, Koran Kaltara – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat uang yang beredar di Kaltara sejak 2017 mencapai triliunan rupiah.

Dari nominal itu, hampir semuanya keluar, sehingga roda ekonomi tidak bergerak secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak kebutuhan masyarakat yang harus didatangkan dari luar daerah.

“Salah satu tugas BI Kaltara mengedarkan uang melalui bank ke masyarakat, uang yang sudah dikeluarkan BI tidak akan kembali ke kami. Setiap tahun ada triliunan rupiah uang yang kami keluarkan,” terang Kepala Perwakilan BI Kaltara, Yufrizal, Jumat (16/10/2020).

Dia merinci, tahun 2019 ada Rp1,8 triliun, sedangkan tahun 2018 ada Rp1,7 triliun dan tahun 2017 ada Rp1,3 triliun. Uang ini tidak lagi kembali ke BI Kaltara, ada yang kembali tetapi sedikit.

Yang dimaksud uang keluar oleh BI adalah nominal yang dibelanjakan keluar Kaltara, karena masih ada komoditas tertentu yang tidak bisa dihasilkan di Kaltara.

Menurut Yufrizal, tidak ada negara atau provinsi serta kabupetan/kota yang sanggup menyediakan semua kebutuhan masyarakat sehingga harus membeli keluar daerah.

“Saya berharap uang Rp1,8 triliun yang selama ini keluar Kaltara bisa balik lagi ke sini. Makanya kita harus menciptakan kebutuhan masyarakat secara mandiri, atau bisa kita produksi di sini. Sehingga harapannya, uang tadi katakanlah bisa kembali ke Kaltara sebesar 50 persen saja, maka ekonomi akan lebih hidup,” ungkapnya.

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga ikut berperan dalam mengembalikan peredaran uang dari luar Kaltara kembali ke daerah. Salah satunya produksi batik jika kebutuhan batik di Kaltara ini dapat terpenuhi oleh pengerajin lokal, maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup baik.

Disinggung mengenai besaran uang yang dikeluarkan oleh BI Kaltara selama 2020, Yufrizal mengaku pada Agustus masih diangka Rp500 miliar atau separuh dari jumlah total uang keluar pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pada 2020 pada posisi Agustus masih Rp500 miliar yang keluar dan belum kembali. Jadi kalau bisa belanjanya di sini-sini saja, kalau uang dibelanjakan keluar ekonomi tidak akan hidup,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah