Bulungan

Tracing Bul-043, Enam Orang Reaktif

GUGUS TUGAS – Pemkab Bulungan bersama Gugus Tugas tetap melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 di Bulungan. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)
  • 33 Orang yang Kontak dengan HN Jalani Rapid Test

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Setelah sekian waktu tak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bulungan, Minggu (28/6/2020) lalu diketahui ada penambahan satu positif di Bulungan. Dia adalah HN (42), yang sekarang menjadi pasien Bul-043.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bulungan pun bergerak cepat, dengan melakukan pelacakan kontak atau contact tracing. Sedikitnya ada 33 orang yang diduga terlibat kontak dengan HN.

Hal itu dibenarkan oleh Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Bulungan, Heriyadi Suranta. Dirinya menjelaskan, sejak dinyatakan terkonfirmasi positif, pihaknya langsung melakukan contact tracing. Hasilnya, ada 33 orang dipastikan kontak dengan pasien yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) itu.

“Jadi itu, ada teman kantor 29 orang, ditambah empat orang keluarga. Totalnya ada 33 orang. Sejak tadi malam 33 orang ini sudah dilakukan rapid test. Hasilnya, ada enam orang yang reaktif. Enam orang ini kita tetapkan OTG (orang tanpa gejala) reaktif. Karena memang tidak ada gejala,” paparnya, Senin (29/6/2020).

Dari 33 orang tersebut, lanjutnya, hanya 10 orang yang dikarantina. Mereka adalah rekan kerja dan keluarga. Hal itu dikarenakan ada yang satu ruangan dengan pasien, tapi tidak pernah kontak dan tidak ada komunikasi atau saling berbicara dalam jarak 1 meter dan lainnya.

Meski tidak dikarantina, kepada 23 orang yang ditracing, tetap diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Hingga saat ini pihaknya mengaku belum ada menerima tambahan kasus positif baru. Namun demikian, pihaknya masih menunggu  sekitar 25 swab.

“Kita juga masih ada menunggu hasil swab, hasilnya belum keluar. Mudahan saja tidak ada lagi yang positif. Swab yang belum keluar terdiri dari OTG dan satu swab orang dalam pemantauan (ODP). Selain itu juga satu swab follow up,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bulungan, H Sudjati menambahkan, tambahan kasus positif  baru ini merupakan pasien transmisi lokal. Sebab yang bersangkutan mengaku tidak pernah keluar daerah.

“Nah, transmisi lokal ini yang harus kita waspadai sekarang. Apalagi rata-rata kasus transmisi lokal tanpa gejala,” katanya. Kewaspadaan dan kedisiplinan masyarakat harus lebih ditingkatkan, jika masih ada masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan maka kemungkinan untuk terjadi penularan masih akan terus berlanjut. “Patuhi lah sudah protokol kesehatan itu kalau tidak mau terpapar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Edy nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah