Bulungan

TPP Beras untuk ASN Mulai Diberlakukan

Bupati Bulungan Syarwani menadatangani MoU terkait penggunaan beras lokal sebagai TPP ASN. (Foto : Nurjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan, resmi mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) mengonsumsi beras lokal.

Ketentuan itu sejalan dengan adanya Peraturan Bupati (Perbup) terkait konsumsi beras lokal bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bulungan.

Secara teknis, dalam Perbup itu mengatur; setiap ASN bakal menerima beras 10 kilogram (kg) per bulannya. Di mana beras tersebut merupakan pengganti dari sebagian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

Di sela-sela peringatan hari jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Selasa (12/10/2021), telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sajau Hilir untuk penggunaan beras lokal bagi ASN itu.

Bupati Bulungan Syarwani menjelaskan, pemberian TPP dengan beras ini, sebagai langkah kongkrit Pemkab Bulungan dalam pengembangan pangan berupa beras.

Ketika hulunya sudah dikembangkan dan saat ini sudah ada produksi unggulan dalam bentuk kemasan, maka sektor hilir atau pemasaran mulai dikembangkan, yang dimulai dari ASN.

“Kita mulai dari ASN Bulungan dulu. Sebelum menyosialisasikan dan mengampanyekannya lebih luas khalayak ramai. Saya pastikan ASN Bulungan menjadi konsumen pertama beras lokal,” ujarnya.

MoU dilakukan antara Bupati Bulungan, Syarwani dengan Ketua Gapoktan Sajau Hilir, Mulyadi. Di mana berasnya merupakan jenis Cimelati dengan nama produk Burung Enggang.

Syarwani  menginstruksikan kepada kepala badan, dinas, bagian serta seluruh camat dan lurah di lingkungan Pemkab Bulungan agar bertanggung jawab.

Lalu, mengkoordinasikan seluruh staf di kantornya masing-masing untuk membeli hasil produksi beras petani lokal.

“Ini sudah saya buatkan dalam Peraturan Bupati, nanti akan dipotong dari penghasilan ASN, yaitu TPP-nya, jadi sumbernya pasti. Jadi minimal 10 kilogram per orang/ASN yang dibelinya,” ungkap dia. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment