Kaltim

TPID Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Bupati Edi Damansyah, Ketua TPID, Sunggono dan Kepala Bappeda, Wiyono saat Rakor Jaga Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok. (Istimewa)

TENGGARONG – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kutai Kartanegara (Kukar) terus memantau harga bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar sekaligus menjaga ketersediaannya tetap terjaga.

Ketua TPID Kukar, Sunggono menyebut telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, Satgas Pangan dan pemangku kepentingan lainnya pada Selasa (13/4) lalu.

“Apabila terjadi masalah, baik kenaikan harga, ketersediaan barang maupun distribusinya maka segera melaporkan kepada TPID kabupaten untuk dilakukan tindakan,” kata Sunggono, Rabu (14/4).

Ia pun mengintruksi para camat untuk memantau perkembangan harga, ketersediaan dan distribusi barang kebutuhan bahan pokok diwilayahnya. Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Satgas Pangan memantau harga bahan pokok di Pasar Gerbang Raja Mangkurawang.

Menurutnya, inflasi harus dijaga selama Ramadan berlangsung untuk menjaga pendapatan masyarakat agar tidak menurun. Jika tidak, hal tersebut akan berpengaruh pada standar hidup masyarakat.

“Dimana yang miskin akan semakin miskin karena efek inflasi yang tinggi dan inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan,” kata Edi.

Karenanya, lanjut Edi, diperlukan upaya ekstra untuk mengendalikan harga barang pokok dan menjaga komitmen bersama dalam rangka menjaga tingkat inflasi di daerah. “Ini sebagai salah satu prasyarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkesinambungan dan berkeadilan,” tandasnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah