Headline

Titik Wisata Bakal Dijaga Ketat

Lokasi wisata akan dipantau ketat saat liburan panjang pekan depan. (Foto : Dok/Koran Kaltara)
  • Pastikan Tak ada Kerumunan saat Libur Panjang

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono melalui Kabid Humas AKBP Budi Rachmat mengingatkan masyarakat untuk menjaga diri saat libur panjang di akhir Oktober ini. Karena libur panjang kali ini, masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Mungkin lebih baik, berlibur di rumah masing-masing saja. Tahan diri untuk tidak ikut berkerumun di satu tempat, karena untuk keselamatan kita semua,” ujar Budi Jumat (23/10/2020).

Untuk mengantisipasi adanya kerumunan massa dalam libur panjang ini, kepolisian akan melakukan penjagaan di beberapa titik wisata yang kerap dikunjungi. Personel bersama dengan stakeholder lain yang tergabung dalam operasi Yustisi, akan bersiaga guna menghindari adanya kerumunan massa saat berwisata.

“Kita hindari ada kerumunan nanti. Karena ini kan masih pandemi (Covid-19), semuanya masih harus taati protokol kesehatan. Pakai masker dan tetap jaga jarak,” tegasnya.

Budi juga menyinggung soal potensi kluster keluarga yang rawan terbentuk saat liburan nanti. Ditambah lagi, kasus covid-19 saat ini banyak ditemukan karena transmisi lokal. Untuk itu, sejumlah titik objek wisata yang akan menjadi pusat kerumunan, bakal dijaga ketat oleh aparat.

“Semuanya harus taati protokol kesehatan. Pandemi Covid-19 ini belum selesai. Kita harus sadari itu. Lebih baik mencegah agar tidak ada lagi yang terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Ditegaskannya, apabila dalam pelaksanaan pengamanan di sejumlah objek wisata, masih ada warga mengabaikan protokol kesehatan, tentu akan diberikan peringatan. Namun jika masih tetap melanggar, petugas tetap akan menindak sesuai dengan aturan yang ada.

“Kalau penindakan, mungkin pertama kita ingatkan dulu. Kita berikan sosialisasi, supaya tetap jaga protokol kesehatan. Kalau penindakan tegas kan, itu pasti upaya terakhir. Tapi kalau masih melanggar, pasti ada sanksi yang akan kita berikan,” tegasnya.

Untuk itu, Budi mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar mentaati semua aturan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di provinsi paling bungsu ini. Karena apabila pandemi Covid-19 telah berakhir, maka masyarakat bisa kembali melakukan aktifitasnya secara normal lagi. “Tapi sebenarnya yanya kita harapkan, ada kesadaran masyarakat untuk penerapan AKB (adaptasi kebiasan baru) ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah