Bulungan

Tinta Ribbon Habis, Kartu SIM Diganti Surat Keterangan

Akibat mengalami kekosongan tinta ribbon, pelayanan SIM di Sat Lantas Polres Bulungan sedikit terhambat. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pengadaan material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Sat Lantas Polres Bulungan, kembali dihentikan. Sejak sepekan terakhir, masyarakat yang ingin mendapatkan SIM berbentuk kartu terpaksa hanya mendapatkan surat keterangan sebagai pengganti SIM. Dikonfirmasi soal itu, Kapolres Bulungan, AKBP Andreas Nugroho Susanto melalui Kasat Lantas Polres Bulungan, AKP Sahrir Bajeng mengungkapkan, pemberian…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pengadaan material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Sat Lantas Polres Bulungan, kembali dihentikan. Sejak sepekan terakhir, masyarakat yang ingin mendapatkan SIM berbentuk kartu terpaksa hanya mendapatkan surat keterangan sebagai pengganti SIM.

Dikonfirmasi soal itu, Kapolres Bulungan, AKBP Andreas Nugroho Susanto melalui Kasat Lantas Polres Bulungan, AKP Sahrir Bajeng mengungkapkan, pemberian surat keterangan itu dikarenakan tinta ribbon kosong.

Diungkapnya, sejak kosongnya tinta ribbon itu, pihaknya sudah mengeluarkan sebanyak 250 surat keterangan untuk masyarakat Bulungan yang ingin mendapatkan SIM.

Surat keterangan, kata Sahrir memilikii fungsi yang sama dengan SIM pada umumnya. Sehingga masyarakat pemohon SIM yang mendapatkan surat keterangan tersebut, diminta untuk tidak risau.

“Kita sudah mengalami kekosongan ini sekitar sepekan yang lalu. Tinta ribbonya saja yang habis, tapi chip-nya kita masih ada,” ungkapnya saat dikonfirmasi Jum’at (4/1/2019).

Akan tetapi, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Dit Lantas Polda Kaltara, tinta ribbon tersebut saat ini sudah ada dan akan segera disalurkan ke polres-polres yang juga mengalami kekosongan.

Warga yang memegang surat keterangan sudah dapat dicetakkan SIM yang resmi dengan cara menukar surat keterangan yang sudah dipegangnya kepada petugas.

Lanjut Sahrir, apabila ingin mengetahui mengenai pergantian surat keterangan itu, masyarakat dapat menghubungi nomor salah satu personel Dit Lantas Polres Bulungan yang tertera di surat keterangan tersebut. Hal itu untuk memudahkan masyarakat yang mendapatkan surat keterangan dan ingin menukarnya dengan SIM yang asli.

“Insya Allah, kemungkinan Senin sudah bisa ditukar kembali surat keterangannya. Kalaupun masyarakat yang masih ragu, silahkan hubungi nomor yang ada di surat keterangan itu,” imbuh mantan Kapolsek Sebuku, Nunukan itu.

Dijelaskannya, dalam satu hari pihaknya dapat mengeluarkan hingga puluhan surat keterangan sebagai pengganti SIM. Baik itu untuk masyarakat yang baru akan membuat SIM maupun yang melakukan perpanjangan.

Bahkan, jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring dengan berjalannya proses permohonan SIM. Dia menambahkan, meskipun material berupa tinta ribbon mengalami kekosongan, seluruh proses permohonan SIM tetap berjalan seperti biasanya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Edy Nugroho