Ekonomi Bisnis

Tingkatkan Ekonomi, Budidaya Bawang Merah akan Diuji Coba di Tarakan

Kepala Perwakilan Kantor BI Kaltara, Yufrizal

TARAKAN, Koran Kaltara – Sering menyumbang inflasi dan terjadi kenaikan harga, komoditas bawang merah akan diuji coba tanam dan dikembangkan di Tarakan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Kaltara, Yufrizal usai menandatangani MOU antara BI dan Pemkot Tarakan dalam rangka pengembangan ekonomi di kota Tarakan.

“BI akan mendampingi untuk melakukan percontohan atau budidaya komoditas yang sering berkontribusi pada inflasi dan sering ada kenaikan harga, salah satu contohnya yakni bawang merah,” terangnya, Rabu (14/10/2020).

Bawang merah akan dicoba ditanam di Tarakan, harapannya paling tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Tarakan. Dari survei di lapangan petani sudah menanam bawang, tapi bukan bawang ubi namun bawang daun.

“Ini bisa tumbuh dengan baik (bawang daun), kami bisa meyakini bahwa bawang merah juga bisa. Nanti kita undang ahlinya dari kota penghasil bawang merah, yaitu Brebes. Kita juga bekerja sama dengan dinas untuk mengukur PH tanah,” tuturnya.

Sebagai belajar tahap awal, petani akan dibantu bibit, pupuk, pestisida, dan tenaga ahlinya untuk belajar.

“Ilmu bibit, pupuk akan disediakan oleh BI, karena masih tahap belajar tidak bisa bikin luas-luas, kita coba dulu 1.000 meter,” ucapnya.

Petani hanya menyiapkan lahan dan tenaga, sementara pemkot menyiapkan kelompok tani yang sudah punya legalitas.

Rencananya, di Tarakan ada tiga titik lokasi yang akan menjadi percontohan budidaya bawang merah, salah satunya di wilayah Mamburungan, Tarakan Timur.

“Kita akan tanam di beberapa tempat dan beberapa kelompok tani, supaya kelihatan kelompok mana yang gigih dan rajin. Jika ini berhasil, maka akan dikembangkan lebih luas,” tutupnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah