Tarakan

Tiga Tenaga Kesehatan Tarakan Sembuh dari Covid-19

dr Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Tiga tenaga kesehatan di Kota Tarakan yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Sementara kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per Sabtu (4/7/2020) tidak ada penambahan baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 sebanyak 78 orang.

“Tiga orang pasien sembuh yaitu, Covid64, atas nama J, perempuan, umur 25 tahun, warga Kelurahan Pantai Amal, Covid67 atas nama MRS, lak-laki, umur 27 tahun, warga Kelurahan Gunung Lingkas dan Covid68 atas nama M, perempuan, umur 49 tahun, warga Kelurahan Juata Permai RT 15,” jelaskan.

Pasien dinyatakan sembuh setelah didapatkan hasil pemeriksaan swab follow up kedua dengan hasil negatif. Pemeriksaan swab menggunakan mesin TCM di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan.

“Pasien sembuh sudah dipulangkan. Total jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Tarakan saat ini sebanyak 59 orang, sedangkan pasien yang masih dirawat sebanyak 19 orang,” katanya.

Devi menerangkan, ketiga pasien yang baru sembuh merupakan tenaga kesehatan di UPT Dinas Kesehatan. Saat ini pasien dari tenaga kesehatan yang masih dirawat sisa enam orang.

“Pasien Covid-19 yang masih dirawat yakni enam orang dari tenaga kesehatan, enam orang dari ABK KM Fuen 07 dan sisanya transmisi lokal,” terangnya.

Sementara itu perkembangan jumlah ODP (Orang Dalam pemantauan) yang saat ini masih dipantau sebanyak 370 orang.

“Jumlah OTG (Orang Tanpa Gejala) saat ini yang sedang dipantau sebanyak 189 orang. OTG adalah orang tanpa gejala, namun memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini gugus tugas juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Tarakan agar wajib mematuhi segala ketentuan pemberlakuan PSBB dan secara konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan Ccovid-19 dengan mengadaptasi kebiasaan baru. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah