Headline

Tiga Personel Polair Belum Ditemukan, Baharkam Mabes Polri Diturunkan

Tim Basarnas juga turut melakukan pencarian di perairan Kaltara. (Foto: Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Tim Baharkam Mabes Polri diturunkan ke Tarakan untuk melakukan pencarian tiga personel Polair yang hilang dalam kecelakaan laut, Minggu (9/8/2020) dini hari. Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Berliando, Senin (10/8/2020).

Dia mengungkapkan, tim Mabes Polri akan bergabung dengan Dit Polair Polda Kaltara yang saat ini juga sedang melakukan pencarian.

Kecelakaan laut  menimpa tim patroli laut Polairud Mabes Polri ABK Kp. Kepondang 5001 terjadi di perairan Kalimantan Utara akibat cuaca ekstrim pada Minggu (9/8/ 2020) dini hari.

Berliando menjelaskan kronologi kejadian, pada hari Sabtu 8 Agustus 2020 sekira pukul 20.00 Wita, tim Patroli Kp. Kepodang 5001 yang dipimpin oleh Bripka Ujang beserta lima personel melaksanakan patroli rutin di sekitar perairan Juata ke arah Pulau Tibi Kabupaten Tana Tidung dengan menggunakan speedboat berwarna abu-abu dengan mesin tempel 40 PK.

“Pada pukul 23.00 Wita cuaca memburuk di sekitar perairan Tarakan Utara. Pukul 00.00 Wita sampai dengan 06.30 Wita Piket Kp. Kepodang 5001 lost kontak dengan tim patroli,” jelas Kombes Pol Berliando, Senin (10/8/2020).

Lebih lanjut, Berliando mengatakan, pada pukul 06.35 Wita Bripka Made Bilantara (Personel Ditpolairud Polda Kaltara) mengecek posisi tim patroli, ternyata speed patroli belum sandar di Kp. Kepodang 5001 sehingga berinisiatif menelepon Bripka Ujang Walia.

Selanjutnya Bripka Ujang Walia melaporkan mereka mengalami musibah tenggelam di perairan Pulau Tibi dan langsung share lokasi via WhatsApps ke Bripka Made Bilantara.

Setelah mendapatkan laporan, Dirpolairud Polda Kaltara lalu memerintahkan personel Ditpolairud Polda Kaltara dan personel Kp. Kepodang untuk melaksanakan search and rescue terhadap tim patroli yang terkena laka laut.

“Tim pencarian dengan melibatkan kurang lebih 12 personel, 1 RIB, 1 kapal type C2 dan 1 speedboat milik Ditpolairud Polda Kaltara,” tuturnya.

Pada pukul 08.00 Wita, tim pencarian menemukan tiga orang tim patroli, yakni Bripka Ujang, Brigpol Amrullah (ABK), Bharada Rivaldi U’jae dalam keadaan sehat dan sudah dievakuasi ke Kp Kepondang.

Sementara tiga personel tim patroli masih dalam pencarian, yakni Brigpol IB (inisial), Bharatu YA, dan Bharatu DBS.

“Terkait musibah ini, Kapolda Kaltara hari ini menuju ke Tarakan, Dir Polair Baharkam Mabes Polri juga menuju Tarakan,” imbuhnya.

Berliando menambahkan, laka laut terjadi karena cuaca ekstrim sementara kondisi kapal dalam keadaan baik. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah