Headline

Tiga Orang Ditetapkan Tersangka

DISITA - Tampak alat berat yang disita pihak kepolisian dalam kasus tambang ilegal di Sekatak. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Kasus Alat Berat Tambang Ilegal

TANJUNG SELOR, KOran Kaltara – Tiga orang terlapor dalam kasus penyitaan enam alat berat eskavator tambang ilegal di Desa Sekatak Buji, Kecamatan Sekatak akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara melalui Direktorat Krimsus menetapkan tersangka berinisial SH, HR, dan SY.

“Ada tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Untuk berkasnya, sudah akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan (Kejati Kaltim),” kata Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono melalui Kabid Humas AKBP Budi Rachmat, Selasa (20/10/2020).

Kasus tambang ilegal yang sudah menetapkan tiga orang tersangka itu, atas tiga laporan yang dilidik oleh jajaran Direktorat Krimsus Polda Kaltara. Sebenarnya, lanjut dia, ada empat laporan yang diterima pihaknya terkait kasus tambang ilegal. Akantetapi, satu kasus dilimpahkan ke jajaran Polres Bulungan untuk dilakukan penyidikan.

“Kalau yang kasus di Polres Bulungan, itu masih proses sidik. Jadi belum ada penetapan tersangka. Tapi kalau yang ditangani di sini (Dit Krimsus), sudah ada tersangkanya dan segera dilimpahkan,” jelasnya.

Budi mengungkapkan, para pelaku yang diamankan ini merupakan pemodal aktivitas tambang ilegal yang terjadi di Sekatak. Sedangkan ketiganya tidak memiliki izin untuk melakukan aktivitas pertambangan di desa tersebut.

Barang bukti yang diamankan, di antaranya enam alat berat jenis Ekskavator, blower, mesin pompa air, mesin lampu, kaleng berisi cairan sianida dan sampel material tanah yang mengandung emas, kapur, sianida dan karbon di lokasi tambang.

“Dari kasus itu (hingga penetapan tiga orang tersangka), ada 18 orang saksi yang kita periksa. Semua saksi-saksi itu, ada erat kaitannya dengan aktivitas tambang dan ketiga pemodal yang ditetapkan jadi tersangka,” jelasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah