Nunukan

Tiga Kelompok UKM akan Dinaikkan Statusnya Menjadi Koperasi

Gedung UKM Center Nunukan. (Foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Hampir dua tahun lebih, gedung UKM Centre di Jalan Bahari, Kelurahan Nunukan Utara, belum difungsikan. Bahkan, gedung itu mulai kusam dan kumuh.

“Saat saya menjabat di DKUKMP pada tahun 2019, gedung itu sudah kosong. Itu (gedung UKM, Red.) kalau tidak salah menyangkut pengelolaan. Itu menjadi aset daerah. Tapi, saya sudah komunikasi mengenai pengelolaan gedung itu kembali,” ungkap Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (DKUKMP) Nunukan, H. Abdul Karim kepada Koran Kaltara, Jumat (27/11/2020).

Dia sudah mengusulkan pengelolaan gedung UKM tersebut sebab, sejak awal tahun ini, pihaknya telah merencanakan memberdayakan UKM itu.

“Sebenarnya awal tahun kita sudah mulai tapi karena Covid-19, akhirnya membahas kembali dan atur ulang lagi untuk mencari seperti apa solusinya,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, DKUKMP Nunukan memiliki program menaikkan status UKM menjadi koperasi. Namun masih sebatas usulan ke pemerintah daerah.

“Tapi, tergantung implementasi kegiatannya seperti apa. Rencana ada beberapa UKM dengan barometer masa pandemi ini tetap aktif. Artinya, berjuang di masa pandemi ini. Nah, itu saya sudah lihat ada beberapa UKM. Inilah nantinya kita naikkan kelas menjadi koperasi,” ujarnya.

Menurut dia, ada tiga kelompok UKM yang akan dinaikkan menjadi koperasi. Bahkan, ketiga koperasi ini dalam proses pelegalan badan koperasinya.

“Insya Allah, jika didengarkan usulan kita, nanti kita akan coba pengelolanya diserahkan ke pihak ketiga dengan koperasi yang sudah bersaing di tengah pandemi. Tapi, kita lihat saja regulasi ke depannya seperti apa,” tambahnya.

Dia menilai lokasi gedung UKM sangat strategis karena, dekat dengan pinggir pantai, PLBL Nunukan, Pasar Pujasera, kuliner pinggir laut dan sebagai tempat santai .

“Nanti, di dalam UKM itu ada jual-jualan kue kering, atau barang khas Nunukan, batik dan sebagainya,” kata dia. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah