Hukum Kriminal Uncategorized

Tiga Gembong Pengedar Sabu di Bunyu Dibekuk

DIAMANKAN : Ketiga pelaku yang diduga gembong kurir narkoba di wilayah Pulau Bunyu. (Istimewa)
  • Sudah DPO Polisi, Saat Digerebek Ditemukan Sabu 38 Paket

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jajaran Polsek Bunyu, Polres Bulungan berhasil mengamankan tiga orang yang selama ini diduga sebagai gembong peredaran narkoba di wilayah tersebut. Ketiga orang kini menjadi tersangka itu, antara lain AI (38), SU (33) dan JU (45). Ketiga ternyata merupakan orang yang sedang dicari, atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh kepolisian.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, melalui Kapolsek Bunyu Kapolsek Bunyu AKP Bahtiar Tamrin mengungkapkan, ketiga gembong pengedar narkoba jenis sabu-sabu ini diamankan pada Minggu (2/8/2020) lalu. Mereka digerebek di sebuah rumah yang berada di Jalan Pangkalan RT 07 Desa Bunyu Barat, Kecamatan Bunyu.

“Penangkapan semua berawal dari informasi masyarakat. Disebutkan, kalau salah satu rumah yang ada di TKP itu kerap digunakan untuk transaksi narkoba. Makanya langsung kita lakukan penyelidikan,” katanya saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Selasa (4/8/2020).

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan kepolisian, rumah yang dijadikan tempat transaksi narkoba itu ternyata milik salah satu tersangka berinisial JU. Saat dilakukan penggerebekan, polisi menemukan 38 paket sabu yang tersimpan di dalam sebuah toples.

Bahtiar menduga, sabu-sabu yang sudah dipaketkan itu sudah siap untuk dijual kepada para penggunanya. “Pasti sudah siap edar. Kemungkinan, yang tiga orang ini hanya pengedar, atau bahkan cuma kurir (yang mengantarkan barang) saja. Tidak menutup kemungkinan juga, salah satunya itu merupakan bandar. Tapi itu masih kita kembangkan lagi,” jelasnya.

Selain mengamankan barang bukti berupa sabu sebanyak 38 paket dengan berat sekitar 17,07 gram, polisi juga telah mengumpulkan beberapa bukti lainnya. Di antaranya adalah uang tunai Rp967 ribu, beberapa HP dari berbagai merk, serta beberapa barang yang diduga digunakan untuk membungkus sabu.

Bahtiar menambahkan, kepada Ketiga orang pelaku yang sudah diamankan tersebut, akan dijerat dengan pasal 114 (2), pasal 112 (2) dan pasal 127 (1) huruf a UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. “Kasusnya masih akan kita kembangkan lagi. Kemungkinan masih ada jaringan lain,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah