Kaltara

Tiga Daerah di Kaltara Zona Kuning Corona

Waspada penularan Covid-19. (Foto ilustrasi)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Berdasarkan evaluasi peta zonasi Covid-19 di Kaltara, terjadi perubahan risiko di tiga daerah.

Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan serta Malinau turun ke zona kuning. Sedangkan dua daerah lainnya, yakni Bulungan dan Tana Tidung kategori zona orange.

Hal itu menunjukkan adanya penurunan kasus di sejumlah wilayah di Kaltara. Data harian mencatat angka kesembuhan setiap harinya terus meningkat, seiring dengan pertambahan kasus terkonfirmasi positif baru yang cenderung lebih sedikit.

Bahkan pada (22/9/2021) malam data Covid-19 Dinas Kesehatan Kaltara, jumlah kasus aktif atau yang masih dirawat tersisa 1.234 orang.

“Dari 1.234 orang yang masih dirawat, Bulungan masih paling banyak di 630 orang. Kemudian masing-masing di daerah lainnya, Tarakan 339 orang, Nunukan 166 orang, Tana Tidung 69 orang dan Malinau 30 orang,” sebut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy.

Dari ribuan orang itu, sebagian besar isolasi mandiri di rumah, yakni 1.175  orang. Sisanya dirawat di ruang isolasi rumah sakit 47 orang dan karantina khusus 12 orang.

Bulungan dan Tana Tidung masih zona orange, karena salah satu indikator penghitungan zonasi adalah tingkat vaksinasi.

“Selain prevelensi, progres vaksinasi juga jadi indikator. Tapi secara umum semua daerah cenderung terus menurun angka kesakitannya,” jelasnya.

Adapun untuk angka kematian, juga cenderung turun. Meski ada tambahan, namun tidak sebanyak lonjakan satu atau dua bulan lalu.

Hingga akhir pekan kemarin, kematian akibat Corona sebanyak 781 orang. Terbagi di Tarakan 344 orang, Bulungan 192 orang, Nunukan 133 orang, Malinau 89 orang dan Tana Tidung 23 orang.

“Sementara akumulasi positif Covid-19 di Kaltara sebanyak 34.574 kasus. Dengan angka kesembuhan hingga kemarin sebanyak 32.559 orang,” tutupnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

 

TOPIK TERKAIT:

Nunukan Masuk Zona Oranye 

Seluruh Daerah di Kaltara Zona Merah

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment