Bulungan

Tidak Pakai Masker Bisa Dipidanakan

SANKSI : Tampak salah satu warga yang harus menerima sanksi akibat tak menggunakan masker saat beraktifitas. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepolisian Resort (Polres) Bulungan mengancam akan mempidanakan bagi siapa saja yang tidak menggunakan masker ketika beraktifitas. Tindakan tegas itu bisa saja dilakukan pihak kepolisian, jika masih ada saja yang tidak menerapkan protokol kesehatan, ketika melakukan aktifitasnya.

“Sebenarnya, bisa saja kita melaksanakan itu (pidanakan bagi yang tidak gunakan masker). Kan bisa kita kenakan undang-undang (UU) kesehatan. Apalagi sudah ada instruksi dari pimpinan soal tindakan tegas (Polri) bagi siapa saja yang tidak mentaati protokol kesehatan,” kata Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, Selasa (15/9/2020).

Akan tetapi, kata Kapolres, untuk penindakan tegas berupa ancaman pidana belum dilakukan pihaknya untuk diwilayah Bulungan. Tindakan tegas yang diambil saat ini, masih sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 23 Tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Tapi kalau untuk kita di Bulungan, tindakan tegas kita masih disesuaikan dengan aturan (Perbup) yang ada. Ini juga perlu saya sampaikan, kalau kita (Polri) dan TNI itu hanya memback up Satpol PP saja. Kalau pelaksana aturan Perda itu kan satpol PP, kita hanya back up saja. Tapi kalau misalnya nanti ada ranah hukumnya, itu pasti kita yang akan menindak,” tegasnya.

Ancaman pidana ini, kata dia, sejalan dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Akan tetapi untuk penindakan ancaman pidana, tentu langkah terakhir yang akan diambil pihak kepolisian.

“Kalau mempidanakan, itu upaya terakhir kita saja. Kalau dalam aturannya kan (Perbup Nomor 23 tahun 2020), tidak ada sanksinya. Yang ada kan sanksi sosial, kerja bakti, atau kita minta pakai masker. Kemudian kita imbau juga, supaya selalu pakai masker dimana pun berada,” kata Kapolres.

Untuk itu, pihaknya bersama dengan jajaran TNI melakukan back up kepada jajaran Satpol PP Bulungan untuk menindak bagi siapa saja yang tidak mentaati Perbup tersebut. Sehingga masyarakat bisa lebih disiplin lagi untuk menggunakan masker dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Bulungan ini.

“Tadi (kemarin, red) memang anggota (Polri) bersama dengan TNI dan Satpol PP melaksanakan patroli masker. Tapi yang saya tegaskan lagi, kita hanya back up saja. Untuk penindakannya (sesuai Perbup) itu tetap menjadi ranah Satpol PP. Tapi kita harapkan, kedisiplinan kita bisa meningkat lagi supaya Covid-19 di Bulungan ini bisa hilang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah