Politik

Tidak Ada Gugatan, Penetapan Paslon Terpilih Pilgub Kaltara Dijadwalkan Besok

Suryanta Al Islami

TARAKAN, Koran Kaltara – Tidak ada gugatan sengketa hasil suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara. Selanjutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara mengagendakan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih.

Ketua KPU Kaltara, Suryana Al Islami menjelaskan, KPU sebelumnya sudah melaksanakan rapat pleno penepatan hasil suara beberapa waktu lalu, kemudian tahapan selanjutnya yaitu pasangan calon bisa mengajukan proses sengketa hasil pemilihan di Makamah Konstitusi (MK) paling lama tiga hari kerja.

“Informasi terakhir yang kami dapatkan bahwa registrasi terakhir di MK pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara tidak ada yang mengajukan keberatan untuk sengketa hasil,” jelas, Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, Rabu (20/1/2021).

Maka sesuai dengan PKPU Nomor 5 tahun 2020, paling lama lima hari setelah terbit surat dari MK bahwa tidak ada gugatan,  maka KPU dapat melaksanakan rapat pleno penetapan paslon terpilih.

“Kami jadwalkan pleno pason terpilih yaitu pada tanggal 21 Januari 2021 (besok) pukul 10.00 Wita,” terangnya.

Ia mengatakan, selain pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara daerah yang tidak ada gugatan, yaitu Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung (KTT). Ketiganya bisa melaksanakan rapat pleno penetapan paslon terpilih.

“Sementara untuk di Kaltara ada dua daerah yang perkaranya sudah masuk di MK yaitu Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan,” imbuhnya.

Sebelumnya, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara pada 9 Desember 2020 lalu terdapat tiga pasangan calon yaitu, Udin Hianggio – Undunsyah, Irianto lambrie – Irwan Sabri dan Zainal Arifin Paliwang – Yansen TP. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah