Nunukan

Tes Urine, 4 Pegawai Bandara Positif BZO

Tes urine di Bandara Nunukan, Kamis (23/9/2021). (foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Puluhan pegawai Bandara Nunukan menjalani pemeriksaan urine yang dilakukan BNNK Nunukan, Kamis (23/9/2021) pagi.

Dalam pemeriksaan itu, 4 pegawai dinyatakan positif BZO (Benzodiazepine) atau dalam mengkonsumsi obat-obatan.

Kepala BNNK Nunukan Sunarto menyampaikan, dari assesment singkat, 4 pegawai yang dinyatakan positif tersebut dapat membuktikan sedang dalam kondisi pengobatan dan mengkonsumsi obat dari dokter.

“Ada 73 sampel yang berhasil kita periksa. Sampel ini dari pegawai Bandara Nunukan,” terangnya kepada Koran Kaltara, Kamis (23/9/2021).

Selain pegawai Bandara Nunukan, kata dia, pihaknya melakukan pemeriksaan pegawai Lapas Nunukan pada Rabu (22/9/2021) pagi. Hasilnya, dari 66 sampel yang diperiksa menggunakan rapid test narkoba delapan parameter, semuanya dinyatakan negatif.

“Tes urine bukan bertujuan mencari-cari kesalahan diantara kita, namun mari kita bersama wujudkan lingkungan kerja bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

“Saya berharap peserta bisa menuliskan secara jujur di formulir. Misal, apabila ada mengkonsumsi obat-obatan dalam seminggu terakhir, tulis darimana mendapatkannya. Karena adanya kandungan narkotika pada beberapa golongan obat yang diresepkan dokter,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Nunukan Agus mengaku tidak kecewa dengan hasil pemeriksaan urine pegawainya. Sebab, pegawainya tidak ada dinyatakan posisif narkoba.

“Karena, kita laksanakan tes ini secara mendadak, dan tidak diketahui satupun pegawai. Selanjutnya akan kita agendakan tes urine secara rutin setiap tahunnya,” ucap dia.

Hal sama disampaikan Kepala Lapas Nunukan, Taufik, yang akan melaksanakan tes urine secara rutin.

“Kita lakukan ini setiap tahun. Tujuannya, untuk memperkuat kedisiplinan pegawai Lapas Kelas IIB Nunukan. Terutama yang berkaitan dengan larangan keras penyalahgunaan Narkoba,” bebernya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

TOPIK TERKAIT:

Lurah Pecat Ketua RT Positif Narkoba

Sabu Seberat 12,5 Kg Gagal Beredar di Nunukan

 

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment