Headline

Terus Turun, 1.146 Pasien Covid-19 Masih Dirawat

Kasus aktif Corona terbanyak berada di Bulungan. (Dok/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kasus Covid-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) terus menurun. Dari hari ke hari, pasien yang dirawat makin berkurang. Tambahan kasus terkonfirmasi positif baru lebih sedikit, di mana dengan kesembuhan pasien jauh lebih banyak.

Berdasarkan catatan harian Covid-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, sebanyak 1.146 pasien yang masih dirawat per Sabtu (25/9/2021) malam. Paling banyak di Bulungan 564 orang. Kemudian masing-masing di daerah lainnya, Tarakan 334 orang, Nunukan 182 orang, Tana Tidung 37 orang dan Malinau 29 orang.

“Alhamdulillah semakin berkurang. Tapi ini masih di angka di atas seribu kasus. Kita berharap semakin turun kasus di Kaltara ini,” harap Kepala Dinkes Kaltara Usman.

Dari ribuan orang itu, sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumah, yakni 1.094 orang. Sisanya dirawat di ruang isolasi rumah sakit: 42 orang dan karantina khusus 6 orang.

“Iya, artinya sebagian besar itu yang tanpa gejala dan gejala ringan. Untuk itu, mereka hanya jalani isolasi mandiri saja. Tapi tetap harus terpantau,” terangnya.

Adapun untuk angka kematian, juga cenderung turun. Meski ada tambahan, namun tidak sebanyak lonjakan satu atau dua bulan lalu. Hingga akhir pekan kemarin, kematian akibat Corona sebanyak 783 orang. Terbagi di Tarakan 344 orang, Bulungan 194 orang, Nunukan 133 orang, Malinau 89 orang dan Tana Tidung 23 orang.

“Sementara, akumulasi positif Covid-19 di Kaltara sebanyak 34.761 kasus. Dengan angka kesembuhan hingga kemarin sebanyak 32.832 orang,” tutupnya.

Sedangkan berdasarkan zonasi Covid-19, tiga daerah sudah zona kuning. Yakni antaranya Tarakan, Nunukan dan Malinau. Sedangkan dua daerah lainnya, Bulungan dan Tana Tidung bertahan di zona oranye. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment