Tarakan

Tertunda karena Covid-19, Pembangunan Skuadron PTTA di Tarakan akan Dilanjutkan

Apron Lanud Anang Busra Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Pembangunan sarana prasarana Skuadron PTTA (pesawat terbang tanpa awak) atau skuadron UAV (unmanned aerial vehicle) di Tarakan yang rencananya rampung tahun ini, tertunda akibat pandemi Covid-19.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Anang Busra Tarakan, Kolonel Pnb Somad menjelaskan, rencana pengembangan pembangunan Skuadron PTTA berada tepat di samping markas Lanud Anang Busra Tarakan.

“Sekarang kita lagi buat kantornya, hanggarnya, nanti pesawatnya kita kirim dengan luas lahan sekitar kurang lebih 400 meter persegi,” ungkapnya, Sabtu (8/8/2020).

Danlanud mengatakan, saat ini pembangunannya baru mencapai 40 persen, sempat berhenti karena pandemi Covid-19. Pembangunan apron PTTA sudah rampung tinggal pembangunan kantor.

“Seharusnya 2021 sudah selesai, karena Covid-19 tahun depan baru kita mulai lagi. Januari mulai pekerjaan lagi,” tuturnya.

Jika tidak ada pandemi diprediksi akhir 2020 sudah selesai, dan tiga bulan setelahnya bisa langsung beroperasi.
Berbeda dengan skuadron pesawat awak, Skuadron PTTA begitu selesai sarana prasarana, kemudian perlengkapan dukungan, selesai tiga bulan sudah bisa dipakai.

Ia mengungkapkan, Skuadron PTTA Tarakan akan menjadi Skuadron 53 yang memang sudah dipersiapkan. Untuk daerah perbatasan, ada dua Skuadron PTTA yang sama-sama proses pembangunan, salah satunya Skuadron 52 PTTA di Ranai.

“Skuadron PTTA akan dilengkapi dengan dua pesawat tanpa awak untuk misi operasi intai. Survei titik-titik daerah rawan dan patroli,” ungkapnya.

Skuadron PTTA di bawah langsung Lanud Anang Busra dipimpin oleh seorang Letkol. Satu Skuadron dibutuhkan sekitar 120 kru yang saat ini sudah dididik dan dilatih.

“Meskipun pesawat tanpa awak tetap membutuhkan kru khusus, salah satunya mekanik pemeliharaan pesawat tanpa awak,” bebernya.

Selanjutnya jika Skuadron PTTA sudah terbentuk maka dibutuhkan pasukan penjaga, yakni Phaskas yang juga akan ditempatkan di Tarakan. Kemudian sarana prasarana latihan militer. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah