Tarakan

Terkendala Izin, SPBE Belum Beroperasi

Proses pengisian gas elpiji 3 kilogram di SPBE. (Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Meskipun sarana dan prasarana telah terbangun 100 persen, namun Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Juata hingga Rabu (7/4/2021) belum bisa beroperasi. Hal ini dikarenakan izin operasi dari Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum keluar.

“Untuk saat ini pengusaha hanya menunggu izin dari Dirjen Migas keluar, kepengurusannya juga sudah 90 persen karena drafnya sudah diserahkan. Tinggal menunggu penandatanganan pejabat berwenang,” terang Branch Manager Rayon V Pertamina Depo Tarakan, Azri Ramadan Tambunan, Rabu (7/4/2021).

Setelah mendapatkan izin, maka SPBE bisa langsung beroperasi dan kontrak kerja sama bakalan diterbitkan. “Kalau opsi optimisnya bisa dikerjakan sebelum puasa, tinggal beberapa hari lagi karena kita optimis. Kalau pesimisnya setelah Lebaran baru bisa dilakukan penandatanganan, karena pada saat puasa kegiatan banyak yang tertunda,” ungkapnya.

SPBE Juata memiliki kapasitas 450 metrik ton yang nantinya untuk mengkaver kebutuhan gas elpiji 3 kilogram di Kota Tarakan dan Nunukan, selama 22 hari kerja.
Dengan kemampuan 450 metrik ton, maka pengisian dan ketahanan stok bisa mencapai satu bulan untuk kedua wilayah ini. Sehinga, ada jaminan pengiriman stok lancar tidak terlambat seperti saat ini yang mengandalkan kondisi cuaca. Diketahui,  saat ini pengisian gas masih dilakukan di Balikpapan.

“HET (Harga Eceran Tertinggi) harusnya berubah, karena sudah tidak ada ongkos transportasi lagi, tetapi tergantung kebijakan daerah dan agen yang memperhitungkanya. Kalau untuk persiapan operasi kita sudah mempersiapkan beberapa tahapan, baik pemeriksaan safety mekanikal kompresor maupun komisioning atau uji coba sarana dan prasarana SPBE apakah bisa berjalan dengan baik, dan itu sudah dilakukan,” urainya.
Dalam waktu dekat, perizinan diharapkan sudah didapat sehingga keluhan masyarakat selama ini tentang kelangkaan gas elpiji yang langka di waktu-waktu tertentu tidak akan terjadi lagi. Selain itu, oknum pedagang eceran yang menaikan harga jual seenaknya juga bisa dihindari karena ketersediaan stok yang mencukupi. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah