Headline

Tercatat 299 Akumulasi Kasus Covid-19 di Kaltara

Agust Suwandy
  • Masih Dinamis, Pasien Dirawat Kembali Bertambah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy kembali menyampaikan rilis terbarunya. Melalui akun media sosial resmi milik satuan tugas Kaltara, Agust mengungkapkan akumulasi kasus positif covid-19 kini mencapai angka 299 kasus.

Total hampir 300 orang yang terkonfirmasi terpapar virus corona itu, sejak masuknya kasus pertama pada 27 Maret 2020 lalu. Kemudian pada rilis satu hari yang lalu, total akumulasi 298 kasus, kembali bertambah satu kasus baru di Kota Tarakan sehingga menjadi 299 kasus.

“Ada data tambahan baru kasus positif di Tarakan. Seorang perempuan atas nama (inisial) DB, usia 21 tahun. Berdasarkan informasi, (DB) merupakan kasus transmisi lokal. Datanya sudah masuk juga dalam laporan,” ungkapnya, Selasa (11/8/2020).

Dari lima daerah yang ada di Kaltara, tersisa Kabupaten Tana Tidung yang kini zero kasus. Pasalnya dari akumulasi 7 kasus, telah dinyatakan sembuh 100 persen. Berbeda dengan daerah lainnya, seperti Tarakan dengan akumulasi 92 kasus, sembuh 88 orang sehingga yang dirawat masih 4 pasien.

Sama halnya dengan Nunukan, masih ada 2 pasien yang dirawat. Dimana dari akumulasi 47 kasus, ada 45 orang yang sudah sembuh. Demikian pula di Malinau, dari akumulasi 104 kasus, yang sembuh sebanyak 97 orang sehingga masih menjalani perawatan 7 pasien.

Adapun kasus kematian hanya ada di Bulungan sebanyak dua kasus. Artinya, dari akumulasi 49 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 42 orang dan menjalani perawatan 5 pasien.

“Untuk se-Kaltara, akumulasi kasus sampai hari ini (kemarin) sebanyak 299 kasus. Sembuh 279 orang, meninggal dunia dua orang. Masih dirawat ada 18 orang. Empat di Tarakan, lima di Bulungan, dua di Nunukan dan tujuh di Malinau. Persentase kesembuhan 93,93 persen,” sebut Agust.

Selain itu, ia juga menyebutkan data suspek yang diisolasi sebanyak 55 orang. Terdiri dari 15 orang di Tarakan, 17 di Nunukan,17 di Malinau dan 6 di Tana Tidung. Sedangkan kasus Probable ada 18 orang. Paling banyak di Tarakan 11 orang, menyusul di Bulungan 3 orang, Nunukan 2 orang dan terakhir masing-masing satu di Malinau dan Tana Tidung. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah