Headline

Telusuri Kontak Erat, Gugus Tugas Buka Posko

Agust Suwandy
  • Masyarakat Diminta Melapor jika Punya Riwayat atau Gejala

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Adanya kasus positif di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang terus bertambah membuat gugus tugas melakukan tindakan yang lebih aktif. Khususnya dalam menelusuri atau melakukan tracing terhadap kontak erat setiap pasien yang terkonfirmasi positif, baik di Bulungan, Tarakan maupun di Nunukan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy menerangkan, bahwa langkah-langkah penelusuran terus dilakukan. Apalagi dengan adanya kasus tambahan masing-masing empat di Nunukan, kemudian dua di Bulungan, sehingga total yang terindikasi positif berdasarkan hasil Swab Test di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya sebanyak 8 kasus.

“Kami dari gugus tugas segera bertindak melakukan langkah-langkah. Untuk fasilitasi kontak erat kasus positif yang telah ada di wilayahnya Kaltara. Agar selain dari Dinas Kesehatan melakukan penelusuran, bagi masyarakat yang telah merasa kontak secara erat dengan kasus-kasus positif terkonfirmasi, selama 14 hari sebelumnya mohon melapor ke Dinas Kesehatan,” terangnya, kemarin.

Bahkan, untuk mempermudah masyarakat untuk melaporkan dirinya, pihaknya membuka posko di Bulungan sebagai Ibukota Provinsi selama tiga hari. Yakni sejak Sabtu (4/4/2020) sampai Senin 6 April 2020 mendatang.

“Kami umumkan di wilayah Tanjung Selor dan sekitarnya, gugus tugas membuka pemeriksaan covid-19 dikhususkan bagi mereka kontak erat kasus terkonfirmasi. Baik yang 14 hari sebelumnya memiliki kontak atau yang miliki risiko terutama demam dan perjalanan dari wilayah transmisi lokal atau wilayah zona merah. Silakan datang ke posko mulai besok di Badan Diklat BPSDM Bulungan,” sebutnya mengumumkan.

Saat melapor, masyarakat akan diseleksi atau dikaji mendalam soal laporannya. Kemudian dilihat dari sisi riwayat kontak erat atau gejala yang mengarah atau tidak mengarah pada virus corona.

“Nanti di sana screening dan siapa yang dilakukan pemeriksaan atau tindakan lainnya. Jam pelayanan buka pada Pukul 09.00 sampai 15.00 (Wita). Mohon kepada para kontak erat pada kasus yang terkonfirmasi positif bisa gunakan kesempatan ini untuk berpartisipasi dengan periksakan dirinya,” harap Agust.

Sementara itu, melalui media, ia kembali mengingatkan kepada masyarakat Kaltara untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah. Yakni untuk tidak berkumpul atau melakukan kegiatan dengan banyak orang. Kemudian kurangi keluar rumah sehingga hingga melakukan physical distancing. Termasuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, cuci tangan dan mandi yang lebih sering serta makan-makanan yang bergizi. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari