Headline

Teguh Pimpin Pemprov Kaltara 71 Hari

Pengukuhan Pjs Gubernur Kaltara melalui virtual, Jumat (25/9/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Mendagri Minta Pjs Intens Koordinasi dengan Semua Pihak

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pucuk pimpinan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) resmi diemban oleh Pejabat Sementara (Pjs). Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 121.65-2914 Tahun 2020 tentang Penunjukan Pjs Kaltara,  telah ditugaskan Teguh Setyabudi sebagai Pjs Gubernur Kaltara, terhitung sejak dikukuhkan pada Hari Jumat (25/9/2020).

Diketahui, Teguh Setyabudi merupakan pejabat eselon I di Kemendagri yang menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) sejak Tahun 2016. Teguh ditunjuk menggantikan sementara Gubernur Kaltara Irianto Lambrie yang harus cuti kampanye di luar tanggungan negara. Irianto Lambrie dan juga wakilnya, Udin Hianggio, kembali maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Sesuai aturan, pejabat-pejabat yang ikut running lagi, ikut kontestasi lagi, perlu melaksanakan cuti kampanye, menjaga netralitas sehingga perlu digantikan oleh pejabat sementara,” kata Mendagri Tito Karnavian melalui sambutannya yang disaksikan virtual dari Kantor Gubernur Kaltara.

Mendagri menegaskan, tugas utama Pjs yang telah dikukuhkan adalah mengawal Pilkada berjalan aman dan lancar sekaligus memastikan pemilihan aman dari Covid-19. Tidak terkecuali bagi para kontestan politik yang bertarung dalam pesta demokrasi tahun ini. Untuk itu, penting bagi para pejabat untuk terus melakukan koordinasi dengan semua pihak di daerah tempatnya bertugas.

“Koordinasi penting dan saya sangat mohon semua kontestan nantinya tidak melakukan hal-hal yang menimbulkan kerumunan massa, supaya itu bisa menjadi simpati publik. Itu bisa menaikkan elektabilitas dan popularitas rekan-rekan yang bertanding,” sebutnya.

Lebih khusus ia juga meminta kepada Pjs yang telah ditunjuk agar tetap koordinasi pula soal program yang ada di daerah. Sehingga, dalam menjalankan tugas yang ditinggal sementara oleh kepala daerahnya bisa tetap berjalan.

“Rekan-rekan pejabat, koordinasi terus dengan pejabat yang sedang cuti. Tetap koordinasi kalau buat kebijakan penting. Program pejabat cuti tetap berlanjut. Bangun hubungan yang baik dengan semua pihak,” pintanya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah