Tarakan

Target 40 Persen Cukupi Kebutuhan Lokal

ilustrasi cabe

TARAKAN, Koran Kaltara – Komoditas pertanian sebagian besar masih didatangkan dari luar Tarakan, termasuk cabai rawit sehingga harga pasar sulit dikontrol. Untuk itu, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kota Tarakan memperluas  lahan budidaya cabai rawit dengan target mampu memenuhi 40 persen kebutuhan lokal.

“Untuk cabai rawit, kita sudah mengusulkan perluasan 25 hektare untuk lahan pengembangan yang lokasinya tersebar di beberapa kecamatan, terutama Tarakan Utara dan Timur. Jadi kelompok tani ini ada yang di Juata Kerikil, Gunung Amal, maupun Mamburungan. Alhamdulillah mereka sudah setuju untuk memperluas lahan tanam,” kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Tarakan, Husna Ersant Dirgantara, Rabu (3/3/2021).

Sedangkan untuk bibit, lanjut Ersant akan ada bantuan dari pemerintah pusat. Perluasan lahan ini diharapkan akan mampu meningkatkan produksi cabai rawit, sehingga ketergantungan suplai dari luar daerah bisa sedikit ditekan dan harga bisa lebih stabil.

Untuk tingkat kesuburan lahan, di Tarakan cukup baik. Namun, pola perawatan harus diintensifkan supaya hasilnya lebih baik.

“Kalau cara budidaya petani kita tidak perlu diajari lagi, mereka sudah paham. Tetapi pengendalian hama masih harus dilakukan pembinaan, bagaimana cara menanganinya dan membasminya tanpa harus mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon cabai,” paparnya.

Disinggung mengenai jenis bibit, Ersant mengaku belum mengetahui karena disuplai dari pusat sehingga baru bisa diketahui saat tiba di Tarakan. Meskipun demikian, dirinya memastikan jika bibit cabai rawit yang akan dibagikan ke kelompok tani ini memiliki kualitas yang cukup baik,  bukan hanya tahan hama tetapi juga memiliki produktifitas buah yang juga bagus.

“Bibit dari pusat, dari luar Tarakan. Kemarin kita minta dan langsung direspons karena untuk sekarang ini, kondisi keuangan daerah lagi tidak stabil sehingga kita harus berusaha bagaimana caranya mencari potensi bantuan, termasuk melakukan komunikasi dengan pusat. Semua peluang harus kita tangkap, lobi-lobi melalui handphone akhirnya bisa terakomodir dan Tarakan dapat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustofa
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah