Tarakan

Tarakan Jadi Rujukan Pencarian Tenaga Kerja di Kaltara

Hanto Bismoko

TARAKAN, Koran Kaltara – Kota Tarakan menjadi rujukan beberapa daerah di Kalimantan Utara untuk mencari Sumber Daya Manusia (SDM), terutama yang memiliki spesifikasi khusus. Hal ini tidak lepas adanya Lembaga Latihan Kerja (LLK) yang selama memberikan pelatihan kepada para pencari kerja dengan keahlian tertentu.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Ketenegakerjaan dan Perindustrian Kota Tarakan, Hanto Bismoko mengatakan, bahwa saat ini dunia kerja sudah mulai bergeliat meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Selain sektor jasa, industri yang ada juga sudah melakukan aktivitas produksi. Bukan hanya di Tarakan, kegiatan ini juga terjadi di sekitar Kaltara.

Belum lama ini, Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Tarakan mengirim beberapa orang untuk memenuhi permintaan manajemen perusahaan, yang meminta rekomendasi tenaga kerja.

“Dunia usaha sudah mulai bergerak, perhotelan dan restauran juga sudah buka, kalau untuk pengumuman lowongan pekerjaan kami biasanya memberikan info lowongan di papan info,” teranganya, Selasa (11/8/2020).

Sebenarnya, kata dia, dari Tanjung Selor ada permintaan karena di sana minim sekali. Baru-baru ini ada tujuh orang yang direkomendasikan ke manajemen perusahaan di sana.

Kebanyakan permintaan tenaga kerja dari luar Tarakan. Tenaga kerja yang dicari biasanya mekanik mesin, sopir, sekuriti dan bidang keahlian lain.

Permintaan datang karena di Tarakan terdapat LLK yang setiap tahun memberikan pelatihan dan keahlian tertentu kepada masyarakat Tarakan dan sekitarnya.

“Kita biasanya berhubungan secara langsung dengan manajemen perusahaan. Di daerah sekitar Tarakan ini banyak perusahaan yang membutuhkan SDM, mungkin mereka sudah mencari di sekitar tetapi masih butuh dengan keahlian tertentu,” ungkapnya.

Selain ada LLK, di Tarakan juga banyak perguruan tinggi yang memberikan keilmuan tertentu sehingga lulusannya banyak dibutuhkan dunia kerja. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah