Kaltara

Tanda Tangan Elektronik SKA Diminta Berlanjut

Potensi Ekspor - Tampak rumput laut yang sedang dijemur sebelum dikirim ke luar negeri. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kalimantan Utara (Kaltara) Budi Harsono Laksono menyampaikan, banyak perusahaan di Kaltara yang meminta kebijakan tanda tangan elektronik pada pembuatan Surat Keterangan Asal (SKA) produk ekspor bisa berlanjut.

Budi menjelaskan, tanda tangan elektronik sebelumnya merupakan kebijakan yang diambil saat pandemi covid-19. Dimana perusahaan tidak perlu datang langsung ke instansi secara langsung. “Selama pandemi diberlakukan tanda tangan elektronik untuk penerbitan SKA. Nah mereka maunya berlanjut setelah pandemi selesai,” kata Budi, Senin (26/10/2020).

Dari informasi yang ia peroleh, tanda tangan elektronik disebut mempermudah proses pengurusan SKA di lapangan. Khususnya bagi perusahaa. Yang lokasinya jauh dari instansi terkait.

“Tanda tangan elektronik ini dibilang sangat membantu. Karena kan lokasi perusahaan ada yang jauh juga. Jadi mesti turun ke kantor dinas lagi buat minta tanda tangan. Jadi bisa memakan waktu dan memperlambat proses ekspor,” ungkapnya.

Secara teknis, keinginan perusahaan tersebut sudah disampaikan ke Dirjen Perdagangan Luar Negeri di Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada pekan lalu. Sehingga tinggal menunggu keputusan yang akan diberikan.

“Kita sudah sampaikan ke Kementerian kemarin. Kita berharap ini bisa difasilitasi. Sehingga mempermudah urusan administrasi perusahan di Kaltara yang produknya tujuan ekspor,” ujar Budi.

Pada kesempatan tersebut, Budi juga kembali menyampaikan,  Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindagkop Kaltara akan merancang agenda sosialisasi berbagai kebijakan baru ekspor impor  dalam waktu dekat.

Melalui kegiatan tersebut, diharap penyampaian berbagai kebijakan baru bisa lebih maksimal. Sehingga tidak membuat eksportir atau importir kebingungan. “Setelah kita mendapat penjelasan dari kementerian, dalam waktu dekat ini akan langsung kita sampaikan kembali kepada para eksportir,” ujarnya. (*)

Reporter: Agugn Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah