Kaltara

Taman Budaya Kaltara Fokus Wadahi Kreatifitas Seniman

PAMERAN – Kepala UPT. Taman Budaya Kaltara, Eunike Supra saat mendampingi Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie di lokasi pameran seni rupa. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala UPT. Taman Budaya Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Eunike Supra menegaskan, pihaknya fokus mewadahi kreatifitas seniman lokal. Mulai dari pembinaan hingga penyediaan ruang tampil di masyarakat.

“Taman Budaya berfungsi untuk mewadahi kreatifitas seniman yang ada di Kaltara. Kita mau semua seni bisa berkembang. Jadi salah satunya diusahakan dengan mengadakan pameran setiap tahun,” kata Kiki – demikian disapanya saat diwawancara Koran Kaltara, awal pekan ini.

Kiki menyampaikan, pandemi covid-19 tidak membuat kinerja Taman Budaya terhenti. Beberapa skema kegiatan tetap dijalankan secara daring. Semisal temu puisi se Kaltara yang dilaksanakan bulan lalu. “Bulan lalu kami sudah membuat acara temu puisi se-Kaltara di Tarakan. Ini melibatkan pujangga dari semua kabupaten dan kota. Tetapi karena mengikuti prosedur kesehatan covid-19, kami hanya melakukan perekaman dan posting di media sosial,” paparnya. “Jadi tidak mengundang masa untuk menonton seperti tahun lalu,” ujar Kiki melanjutkan.

Lanjut dia, agenda selanjutnya adalah temu tari. Skema yang diterapkan masih sama. Yakni melalui daring. “Tetap menggunakan perekaman dan tidak mengundang masa. Masyarakat dapat menonton melalui media sosial,” jelas Kiki.

“Dengan adanya pandemi ini, kita upayakan tidak mengurangi semangat teman-teman seniman untuk berkreatifitas dan berkarya. Kita tetap memfasilitasi dan mewadahi mereka,” lanjutnya.

Terkait dengan pameran seni rupa yang diselenggarakan saat ini, dikatakan Kiki turut diikutsertakan dalam gelaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Jadi acara ini kami rekam dan dikirim ke Kemendikbud. Karena pameran seni rupa bersamaan dengan Pekan Kebudayaan Nasional. Tapi semua tetap daring melalui perekaman,” ungkap Kiki. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah