Bulungan

Tak Tahu Penyebabnya, Pelabuhan Kayan II Libur Sehari

Tampak speedboat parkir rapi tidak melayani penumpang di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor. (Foto: Ike Julianti)
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Suasana Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor yang biasanya ramai, selama sehari, Selasa  (1/1/2019) kemarin nampak sepi. Pantauan Koran Kaltara di pelabuhan yang berlokasi di Sabanar Lama itu, tidak ada satu pun speedboat reguler yang beroperasi mengangkut penumpang. Semua speedboat terparkir rapi di sekitar dermaga. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, Pelabuhan Kayan…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Suasana Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor yang biasanya ramai, selama sehari, Selasa  (1/1/2019) kemarin nampak sepi. Pantauan Koran Kaltara di pelabuhan yang berlokasi di Sabanar Lama itu, tidak ada satu pun speedboat reguler yang beroperasi mengangkut penumpang. Semua speedboat terparkir rapi di sekitar dermaga.

Padahal di tahun-tahun sebelumnya, Pelabuhan Kayan II tetap beroperasi seperti biasanya di tanggal 1 Januari. Baru kali ini, pelabuhan speedboat di ibukota provinsi itu meliburkan diri.

Kepala Pos Pelabuhan Kayan II UPP Kelas III Tanjung Selor Mulyono mengatakan, pelabuhan Kayan II tidak diliburkan. Hanya saja, menurut informasinya, para pemilik speedboat dan motorisnya sepakat untuk tidak beroperasi pada 1 Januari ini.

Ia juga tidak mengetahui jelas apa penyebabnya,  sehingga seluruh speedboat meliburkan diri. Hanya saja menurutnya, hal itu tidak menjadi masalah.

“Saya juga tidak tahu persis kenapa mereka sepakat tidak melakukan kegiatan di hari ini. Yang jelas sudah ada pemberitahuan kepada kami selaku pihak UPP, kalau tanggal 1 Januari mereka tidak mengangkut penumpang,” ungkapnya, Selasa (1/1/2019).

Mulyono mengatakan, bukan hanya speedboat dengan tujuan Tanjung Selor – Tarakan saja yang tidak beroperasi. Namun, speedboat tujuan Tarakan – Tanjung Selor juga tidak terlihat kedatangannya. “Hari ini saja. Besok sudah kembali normal,” terangnya.

Disinggung mengenai hubungan tidak beroperasinya speedboat dengan peristiwa kecelakaan speedboat pada 1 Januari 2018 lalu, dirinya membantah jika ada hubungannya dengan hal tersebut.

Kata dia, tidak ada sangkut pautnya antara kecelakaan speedboat di awal 2018 lalu dengan liburnya speedboat di Pelabuhan Kayan II.

“Saya kurang tahu juga. Tetapi, dari informasinya memang tidak seperti itu. Mungkin saja mereka sepakat tidak beroperasi karena kelelahan. Atau mungkin mereka memang ingin libur di awal tahun,” ungkap Mulyono.

Sementara, kata dia, karena tidak ada speedboat reguler, kegiatan pelayanan dialihkan di Pelabuhan Kulteka. Menurutnya, di pelabuhan Kulteka tetap beroperasi seperti biasa. Pihaknya juga melakukan pengawasan di pelabuhan tersebut.

“Kami bersama tim melakukan pengawasan di sini. Cukup ramai. Mungkin juga karena Pelabuhan Kayan II tidak beroperasi, mereka pindah ke sini,” pungkasnya.

Akibat liburnya pelabuhan Kayan II membuat beberapa penumpang kecele. Meski tidak begitu kecewa, mereka mengaku kaget dengan tidak beroperasinya pelabuhan tersebut.

“Tidak ada speedboat pak. Libur. Ke Kulteka saja, naik speed 200 (maksudnya, naik speedboat mesin 200 PK yang biasa beroperasi di Kulteka),” jelas salah seorang petugas di pelabuhan Kayan II kepada penumpang yang datang akan berangkat.  (*)

Reporter: Ike Julianti
Editor: Edy Nugroho