Bulungan

Tak Ada Takbir Keliling, Polres Awasi Ketat

TEGAS : Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro tegas tak akan mengizinkan adanya takbiran keliling nanti. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran KaltaraKepolisian Resort (Polres) Bulungan melarang adanya kegiatan takbir keliling di tengah pandemi Covid-19. Pelarangan itu sudah sesuai dengan maklumat Kapolri, agar tidak ada kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa selama pandemi virus Corona.

“Kita tegaskan, tidak ada takbir keliling. Ini sudah sesuai dengan maklumat Kapolri agar tidak ada perkumpulan massa selama virus corona ini,” kata Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, melalui Ps Kasubbag Humas, Aiptu Tutut Murdayanto saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Kamis (21/5/2020).

Lanjut Tutut, pihaknya bersama TNI dan unsur terkait lainnya  bakal terus melakukan patroli pada malam takbiran nanti. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerumunan massar dari warga yang masih saja melakukan aktifitas menjelang lebaran idulfitri 1441 Hijriyah.

Larangan adanya takbiran itu, kata Tutut, juga sudah sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Edarannya juga kan sudah ada. Tidak ada takbiran keliling untuk kelompok apapun. Anggota juga nanti akan terus melakukan patroli. Apalagi ini menjelang lebaran, ditakutnya ada saja warga yang nekat berkumpul-kumpul kalau malam,” ungkapnya.

Ditegaskan, apabila masih ada warga yang nekat melakukan takbiran dengan berkeliling, tentu tindakan tegas akan dilakukan oleh pihak kepolisian. Tetapi sesuai dengan instruksi yang disampaikan, kepolisian tetap akan mengedepankan tindakan persuasif dibandingkan tindakan tegas terukur.

Beberapa titik yang biasanya digunakan sebagai jalur takbiran keliling, juga akan ditempatkan sejumlah personel. “Kita tidak melakukan tindakan represif namun preventif saja. Jadi mereka yang nekat melakukan takbiran keliling nanti, akan kita suruh putar balik atau pulang kerumah masing-masing. Kita juga nanti akan siagakan anggota di sejumlah titik untuk antisipasi adanya takbir keliling itu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah