Kaltim

Tak Ada Pemudik, Pelabuhan Semayang Kian Sepi

Pelataran gedung terminal Pelabuhan Semayang ini kerap dijadikan lokasi pemudik beristirahat sembari menunggu kapal. (Foto: Hendra/KK)

BALIKPAPAN – Pelabuhan Semayang benar-benar sepi dari aktivitas pemudik. Tak ada satu pun calon penumpang. Pelataran gedung terminal maupun ruang tunggu tampak lengang.
Hanya petugas gabungan yang terlihat. Personel terdiri dari unsur TNI – Polri, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Ketua Pengawasan Posko Pantau Terpadu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Ali Alimuddin memastikan tidak ada aktivitas pemudik di Pelabuhan Semayang.

“Sejak 6 Mei sampai sekarang (kemarin) tidak ada pemudik,” kata Ali yang juga menjabat Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran KSOP Kelas I Balikpapan, Minggu (9/5).

Beberapa personel termasuk dari Basarnas berkeliling melakukan pemantauan di pelabuhan yang melayani pelayaran ke Sulawesi hingga Jawa Timur. “Kami berjaga dengan beberapa sif,” ucapnya.

Armada atau kapal tetap sandar dan kembali berlayar kendati tak ada pemudik. Kapal tersebut mengangkut logistik dari Parepare. “KM Bukit Siguntang tiba 23.00 WITA (tadi malam),” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kota Balikpapan Purwadi mengatakan penumpang yang diperbolehkan berangkat hanya non mudik. “Itu pun harus berdasarkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 setempat,” kata Purwadi.

Pelni bahkan menutup layanan tiket di agen perjalanan atau travel maupun pada laman internet alias website untuk pembelian tiket pelayaran. “Penjualan tiket kami sentralisasi di kantor cabang,” pungkasnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah