Headline

Tahun Ini Konsolidasi, Tahun Depan Harus Berlari

Gubernur Zainal Paliwang diikuti wakilnya, Yansen TP saat menyapa tamu undangan saat tiba dalam agenda paripurna di DPRD Kaltara belum lama ini. (Foto: Fathu Rizqil Mufid/ Koran Kaltara)
  • Perangkat Daerah Harus Menerjemahkan Arahan Gubernur

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejak dilantik menjadi orang nomor satu di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Zainal Arifin Paliwang terus menggaungkan soal akselerasi pembangunan. Ajakan untuk mengikuti ritme kepala daerah bagi seluruh perangkatnya, selalu disampaikan. Menurutnya, sebagai daerah baru, Kaltara harus dikelola dengan maksimal agar setara dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Letak geografis provinsi dengan lima kabupaten/kota di dalamnya dinilai sangat strategis, karena berada di wilayah perbatasan negara. Hal itu sekaligus menjadi tantangan tersendiri, agar Kaltara sebagai beranda terdepan NKRI bisa lebih maju dari negara tetangga, Malaysia. Untuk itu, gubernur menekankan untuk ‘berlari’ dalam membangun Kaltara.

“Kalau saya ‘berlari’, kepala dinas (organisasi perangkat daerah/OPD) ‘jangan tidur’. Minimal dia lari pelan. Artinya, mereka harus ikuti irama pimpinan. Yang penting, niat kita memajukan dan menyejahterakan rakyat. Penting ada sinergi antar-OPD, Bupati, dan Walikota untuk menjalin komitmen dan inovasi dari sejumlah perangkat daerah,” tegas gubernur, belum lama ini.

Dijelaskan oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, sejumlah program prioritas yang dipastikan prorakyat akan segera direalisasikan. Namun ia mengakui, tahun ini masih fokus pembenahan dan terus melakukan konsolidasi. Sehingga, dengan perencanaan yang matang, pelaksanaannya sesuai dengan keinginan dan komitmen gubernur.

“Tahun ini paling tidak konsolidasi dulu. Bisa ‘lari’ (lebih dulu) silakan, tapi tahun depan sudah harus berlari, artinya harus kerja. Jadi, (penggunaan) produk lokal, program wajib belajar 16 tahun, soal penyelenggara pemerintah tahun ini harus siap semua,” jelas Yensen.

Setelah dikonsolidasikan, semua program yang sesuai dengan visi misi kepala daerah siap dijalankan dan maksimalkan. Hal itu sesuai dengan arahan gubernur, agar seluruh perangkat daerahnya berjalan beriringan. Termasuk tiap kabupaten/kota yang selalu bersinergi dengan provinsi.

“Itu akan dilakukan sesuai arahan gubernur. Tugas kita semua (termasuk perangkat daerah) kan menerjemahkan semua itu (arahan gubernur). Dan membuat regulasi (kebijakan) yang harus ditaati,” tegas mantan Bupati Malinau dua periode tersebut.

Sebagai informasi, Pemprov Kaltara saat ini tengah membahas terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Semua OPD diminta untuk menyinkronkan programnya sesuai dengan visi misi gubernur dan wakil gubernur. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah