Malinau

Tahun 2022, SPN Polda Kaltara Bakal Beroperasi

Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono bersama Bupati Malinau Dr. Yansen TP saat mengunjungi gedung SPN Polda Kaltara. (Foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Tahun 2022, diprediksikan SPN Polda Kaltara di Kilometer 8, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat ini akan segera beroperasional untuk mendidik putra-putri Kaltara.

Hal itu disampaikan Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono saat ditemui Koran Kaltara usai melakukan lawatannya di Gedung SPN Polda Kaltara, sekaligus bersilahturahmi dengan Bupati Malinau Dr. Yansen TP beserta jajaran Polres Malinau, Selasa (15/9/2020).

Dia menegaskan, keinginan untuk mengoperasionalkan SPN ini, karena mendapatkan laporan SPN yang telah dihibahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau tahun 2018 ini belum siap beroperasi.

“Saat saya tiba di Kaltara ini, mendapatkan laporan bahwa SPN yang kita miliki belum operasional dan belum selesai pembangunannya,” ujar dia.

Kemudian, kata dia, pihaknya langsung menindaklanjuti ke Mabes Polri. “Alhamdulillah saat melaporkan, kita mendapatkan dukungan langsung. Dan rencana tahun 2021 ini akan dimulai pembangunan hingga 2022,” kata dia.

Dia meyakini apabila tahun 2022 telah rampung, maka sudah siap dioperasionalkan untuk mendidik siswa polisi di Kaltara.

“Jadi harapan kita bisa menampung dan bisa merekrut polisi di sini dan menampung animo masyarakat Kaltara,” tuturnya.

Menurut dia, anggaran pembangunan SPN Polda Kaltara yang diajukan ke Mabes Polri berkisar Rp100 miliar. Tetapi, usulan itu masih belum optimal karena jeda waktu yang singkat.

“Kemungkinan tahun depan itu tahap pertama berkisar Rp46 miliar atau 50 persen. Lalu, anggaran tahun 2022 untuk penyelesaiannya,” ungkapnya.

Menurut dia, apabila tahapan pembangunan SPN mengalami kekurangan anggaran, maka pihaknya akan mengajukan ke pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk percepatan SPN tersebut.

“Kalau kurang, bisa minta hibah ke gubernur dan bupati nanti. Biar betul-betul siap dioperasionalkan,” katanya.

Menurut dia, apabila SPN Polda Kaltara sudah beroperasional, maka akan memiliki efek luar biasa, terutama pertumbuhan ekonomi di Malinau.

“Jadi ekonomi bisa meningkat dan masyarakat bisa berkembang. Makanya, saya kejar terus untuk pembangunan SPN Polda Kaltara ini,” ungkapnya.

Dia menyampaikan tahap pertama pembangunan SPN Polda Kaltara akan dimulai dari barak bagi siswa dan fasilitas kesehatan.

“Kalau gedung lainnya sudah ada, tinggal direnovasi saja. Namun untuk barak, rumah pengasuh, perlengkapan dan fasilitas kesehatan memang perlu dipersiapkan secara bertahap,” katanya.

Soal perekrutan calon Bintara di Kaltara, Bambang menyebutkan untuk tahun ini sesuai kuota sekitar 330 orang. Tetapi, animo masyarakat cukup tinggi. Sehingga tidak bisa mengakomodir semuanya.

“Di Kaltara banyak yang mendaftar, kurang lebih 1.150 orang. Sehingga saya mengusulkan lagi ke Mabes Polri, untuk bisa ditingkatkan tahun depannya lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Malinau Dr.Yansen TP menyampaikan berdasarkan informasi dari Kapolda Kaltara disebutkan kalau Kapolri sangat serius mewujudkan kelanjutan pembangunan SPN Polda Kaltara di Malinau.

“Informasinya, akan diupayakan beroperasi tahun 2022 karena tahun 2021 sudah mulai tahapan pembangunan fasilitas SPN Polda Kaltara ini,” ungkap Yansen.

Dia berharap hibah gedung SMA Kebangsaan tahun 2018 tersebut bisa membawa warna baru bagi masyarakat Malinau dan Kalimantan Utara.

“Karena kehadiran SPN Polda Kaltara ini memberikan dampak sangat luas sekali. Karena, kalau fasilitas dan siswanya ada, maka otomatis memiliki daya ungkit fasilitas-fasilitas di Malinau. Misalnya, perhotelan, penginapan dan warung makan,” jelasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah