Politik

Tahapan Pemilu Dimulai 2022, KPU Panggil Parpol

Silaturahmi parpol di kantor KPU Tarakan, persiapan pendaftaran parpol tahun 2022.(Foto : Istimewa)
TARAKAN, Koran Kaltara – Secara resmi tahapan  pendaftaran partai politik (parpol) belum dimulai. Namun sesuai Undang undang disebutkan untuk tahapan akan dimulai minimal 20 bulan sebelum pendaftaran.
Misalnya pendaftaran dimulai tahun depan, maka tahapan sudah dimulai 20 bulan sebelumnya.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, Nasruddin menuturkan, masa tahapan minimal 20 bulan ini bisa juga lebih menyesuaikan kondisi yang ada selama tahapan. Terutama saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.
“Kan belum ditentukan hari H. Jadi, sebelum ditentukan, harus sudah dipersiapkan 20 bulan ke belakangnya,” ujarnya, Jumat (5/11/2021).
Menuju tahapan pendaftaran ini, KPU mengumpulkan parpol yang ada di Tarakan untuk memberikan edukasi dan sharing tentang perkembangan maupun dinamika demokrasi yang berjalan saat ini dan di tahun 2024, jelang pemilu.
Hal pertama yang dilakukan, kata dia, berkaitan administrasi parpol dan sistem informasi partai politik (Sipol) sebagai langkah awal untuk memberikan kemudahan bagi parpol. Sekaligus agar parpol dimudahkan saat memulai tahapan pendaftaran.
“Ketika parpol sudah paham, tentu KPU juga mudah memberikan fasilitas. Jadi, tidak terjadi lagi miskomunikasi antara KPU dan Parpol, terutama untuk hal yang sudah jelas diatur,” bebernya.
Selain itu, KPU juga mengajak parpol lama maupun baru untuk bersilaturahmi. Dikatakannya, saat ini sudah banyak parpol baru yang sudah mendaftar ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Berkenalan dengan parpol baru, termasuk para pengurus parpol.
“Tentu kami nanti akan jadi bagian dari itu (pendaftaran parpol), untuk memverifikasi sebelum menjadi peserta pemilu,” tandasnya.
Untu diketahui persiapan pendaftaran parpol dalam tahapan rancangan KPU RI dilaksanakan pada April dan Agustus 2022.
Pendaftaran parpol dimulai Agustus 2022, kemudian dilanjutkan tahapan pemilu lainnya di tahun yang sama. Jadi, diperkirakan persiapan dilakukan April 2022, start di bulan Agustus dengan melakukan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan paprol. (*)
Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment