Headline

Surat Suara Pilgub Sudah Dikirim

SURAT SUARA - Tampak surat suara untuk KPU Bulungan sudah mulai dilakukan pelipatan sejak Kamis (19/11/2020) kemarin. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Distribusi Dijaga Ketat Aparat Kepolisian

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Jelang pemungutan suara pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah mendatangkan surat suara. Tepatnya pada Rabu (18/11/2020) malam, ratusan ribu surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) itu tiba di Kantor KPU Kaltara yang terletak di Jalan Sengkawit, Tanjung Selor, Bulungan.

Pihak KPU Kaltara kemudian langsung mendistribusikan surat suara tersebut ke lima kabupaten/kota yang ada di Kaltara. Sebanyak total 435.604 surat suara didistribusikan ke seluruh daerah, dimana tiga daerah menggunakan jalur darat pada Rabu (18/11/2020) malam, dan dua daerah lainnya menggunakan jalur perairan, Kamis (19/11/2020).

Alhamdulillah surat suara pemilihan provinsi (Pilgub) sudah diserahkan di gudang logistik KPU Bulungan, KPU KTT (Tana Tidung) dan KPU Malinau. Tiga daerah ini langsung dibawa menggunakan truk dari Tanjung Selor. Kemudian dari Tanjung Selor juga berangkat pagi ini (kemarin) untuk ke Tarakan dan Nunukan,” ujar Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami, Kamis (19/11/2020).

Pendistribusian surat suara ke kabupaten/kota dikawal ketat aparat kepolisian dari Polda Kaltara. Surya-sapaan akrab Ketua KPU Kaltara mengemukakan, bahwa jumlah surat suara yang diberikan sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing daerah. Termasuk di dalamnya 2,5 persen surat suara cadangan.  “Di Tarakan 74 koli, Nunukan 61 koli, KTT 10 koli, Malinau 27 kopi dan Bulungan 51 koli,” sebutnya.

Lebih rinci, dari 435.604 surat suara, paling banyak di kota Tarakan dengan jumlah 146.914 surat suara. Kemudian yang kedua Nunukan 120.971 surat suara, menyusul Bulungan 98.664 surat suara, Malinau 52.059 surat suara dan Tana Tidung 16.996 surat suara.

“Untuk surat suara PSU (pemungutan suara ulang) ada disiapkan pula sebanyak 2000 yang disimpan di KPU Kaltara. Jadi tidak dikirim ke kabupaten/kota,” tambahnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah