Nunukan

Sujud : Menata Organisasi Pramuka, Diawali dari Musyawarah Gugus Depan

Ketua Kwarcab Nunukan H Hanafiah menanam pohon usai musyawarah gugus di SMKN 1 Sebatik Barat. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara  – Gugus Depan 08.011 – 08.012 Pangkalan SMKN 1 Sebatik Barat, Sabtu (19/6/2021) lalu menggelar Musyawarah Gugus Depan (Mugus) untuk memilih pengurus baru masa bakti 2021 – 2024.

Mugus yang dirangkaikan dengan ajang silahturahmi tersebut, di hadiri Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Nunukan H. Hanafiah yang juga Wakil Bupati Nunukan beserta jajaran pimpinan Kwarcab, Ketua Mabiran Sebatik Barat, Sawaludin, Ketua Kwaran Sebatik Barat, Wahid, para Kepala Sekolah dan Pembina Pramuka se – Kecamatan Sebatik Barat serta para Penegak SMKN 1 Sebatik Barat.

Dalam Mugus itu, terpilih Adi sebagai Ketua Gudep 08.011 (putra) dan Mangestiningtyas sebagai Ketua Gudep 08.012 (putri) masa bakti 2021 – 2024.

Kepala SMKN 1 Sebatik Barat, Sujud mengungkapkan, dilaksanakanya musyawarah gugus untuk memilih pengurus baru, merupakan bagian dari menata organisasi Pramuka, khususnya di SMKN 1 Sebatik Barat.

Selain memilih pengurus, dalam musyawarah itu juga mendengar laporan pertanggungjawab dari pengurus lama, mengevaluasi kegiatan yang terlaksana dan menyusun program untuk tiga tahun kedepan sesuai masa bakti pengurus baru.

Hal ini dilakukan, sejalan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 231 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka. Disebutkan, Bahwa gugus depan sebagai organisasi terdepan dalam proses penyelenggaraan kepramukaan, mempunyai tugas pokok yaitu menghimpun kaum muda untuk bergabung dalam Gerakan Pramuka, menyelenggarakan kepramukaan yang bersendikan Sistim Among, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Kemudian memelihara kelangsungan pembinaan dan pengembangan kepramukaan serta mengkoordinasikan kegiatan seluruh golongan pesertadidik dan menyelenggarakan administrasi.

“Jadi dilaksanakannya Mugus bukan sekedar memilih pengurus baru. Namun, bagaimana segenap Pembina di SMKN 1 Sebatik Barat bergandeng tangan untuk maju bersama menata Pramuka lebih baik kedepannya, sehingga diperlukan tim yang solid,” ujar Sujud, Senin (21/6/2021).

Sujud juga berterima kasih atas kesediaan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan yang berkesempatan hadir dan membuka Mugus. Karena SMKN 1 dan Sebatik Barat umumnya, menjadi sekolah dan Kwaran pertama yang dikunjungi oleh Ketua Kwarcab setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan tanggal 2 Juni lalu.

“Alhamdulillah, Kak Kwarcab datang langsung. Hal ini membuat kami tambah semangat dan optimistis Pramuka ke depan akan lebih baik. Di tengah kesibukan sebagai Wakil Bupati, Kak Kwarcab menyempatkan datang dan hadir bersama kami di Sebatik Barat,” kata Sujud.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan, H. Hanafiah memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Kepala SMKN 1 Sebatik beserta dewan guru, yang sudah berjuang untuk membangkitkan gerakan Pramuka dilingkungan SMKN 1 Sebatik Barat.

Begitu juga dengan Kwaran Sebatik Barat bersama kepala sekolah dan pembina yang hadir, menandakan memiliki komitmen bersama untuk memajukan gerakan Pramuka.

Kak Kwarcab mengatakan, melalui Pramuka tempat menggembleng generasi muda supaya mereka memiliki karakter. Sebab suatu bangsa tidak mungkin bisa besar dan maju, kalau bangsa itu tidak memiliki karakter. Seperti karakter disiplin, jujur, ikhlas dan semua itu sudah ada dalam Dasa Darma Pramuka.

Untuk itu, mari gerakan Pramuka bukan hanya di lingkungan sekolah, namun juga di masyarakat karena manfaatnya banyak.

“Di Nunukan khususnya kita kuatir generasi kita terjerumus ke dalam persoalan narkoba, termasuk intoleransi dan radikalisme. Tetapi melalui Pramuka, anak – anak kita tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu radikalisme, intoleransi dan terjerumus dalam narkoba,” pungkasnya. (*/bis)

Reporter: Sabri

Editor: Didik