Politik

Stiker Bergambar Calon di Angkot Ditertibkan Petugas

Penertiban stiker bergambar paslo di angkutan umum. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Setelah penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara, semua atribut sosialisasi calon harus diturunkan sebelum memasuki masa kampanye pada 26 September hingga 5 Desember 2020.

Salah satunya stiker yang dipasang di kaca belakang angkutan umum. Penertiban sempat diwarnai penolakan sopir, namun setelah mendapat penjelasan semua berjalan lancar.

“Kalau penolakan dari sopir, kita bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, mereka memang ada yang menolak satu dua (sopir), tetapi setelah dijelaskan oleh petugas dari Dinas Perhubungan Alhamdulillah mereka mau melepas stikernya,” terang Komisioner Bawaslu Tarakan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Dian Antarja Jumat (25/9/2020).

Bahkan setelah mendapat penjelasan, ada beberapa sopir yang membuka sendiri.

Di aturan, dalam hal ini pemilihan kepala daerah, bukan hanya mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, tetapi Bawaslu juga memperhatikan UU lain, termasuk aturan yang ada di Dinas Perhubungan.

“Berdasarkan pemahaman kami dari Dishub, apabila kaca kendaraan terlalu gelap tidak diperbolehkan, terutama angkutan umum, supaya baik dari luar maupun dalam mobil bisa sama-sama terlihat,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, untuk menghindari aksi kejahatan dan hal-hal tidak baik lainnya. Karena jika terjadi sesuatu di dalam mobil akan terlihat dari luar sehingga dapat dilakukan tindakan penyelamatan.

Dengan ditempeli stiker dari luar dengan gambar pasangan calon otomatis menghalangi pandangan yang awalnya jelas menjadi tidak jelas.

Selain itu, penertiban dilakukan karena belum memasuki masa kampanye.

“Harus disadari bahwa Dinas Perhubungan memiliki aturan dan melarang hal tersebut untuk keselamatan berlalu lintas,” katanya.

Namun, Dishub tidak menangani mobil pribadi karena hal tersebut kewenangan dari Polantas.

“Kendaraan umum ini salah satu fasilitas publik, kalau mobil pribadi menjadi kedaulatan yang punya mobil. Nanti kita komunikasikan dengan Kasat Lantas,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah